Follow Us

Dunia Sedang Heboh! Bos Alibaba Jack Ma 'Menghilang' Setelah Mengkritik Pemerintah China, Fotonya Bahkan Dihapus dari Web Penjurian

Rifka Amalia - Senin, 04 Januari 2021 | 18:13
Jack Ma menghilang sejak tiga bulan lalu setelah mengkritik rezim Tiongkok.
Twiiter @JackMa

Jack Ma menghilang sejak tiga bulan lalu setelah mengkritik rezim Tiongkok.

Sosok.ID - Miliarder teknologi dan pendiri Alibaba, Jack Ma, telah "menghilang" dari kehidupan publik dan tidak terlihat setidaknya selama dua bulan di tengah konflik dengan regulator China.

The Financial Times dikutip via The Tribun, melaporkan bahwa Jack Ma baru-baru ini diganti sebagai juri di final acara TV 'Pahlawan Bisnis Afrika'.

"Fotonya telah dihapus dari halaman web penjurian, dan dia secara mencolok dikeluarkan dari video promosi," klaim laporan tersebut.

Final berlangsung pada November, tak lama setelah Ma "membuat pidato jujur yang mengkritik regulator China dan bank-bank milik negara".

Baca Juga: Bos Alibaba Jack Ma Kini Sedang Diintai oleh Pemerintah China

"Ma dihalangi oleh para pejabat di Beijing dan penawaran umum perdana senilai $ 37 miliar dari perusahaannya, Ant Group, ditangguhkan. Dia tidak pernah terlihat di depan umum sejak itu," kata laporan itu lebih lanjut.

Seorang juru bicara Alibaba mengatakan bahwa "karena konflik jadwal, Ma tidak bisa lagi menjadi bagian dari panel juri terakhir Pahlawan Bisnis Afrika awal tahun ini (2020)".

Hari ini, Senin (4/1/2021), nama Jack Ma trending di sosial media Twitter sejak siang.

Hingga pukul 16.00 WIB, sudah ada sebanyak 36,1 ribu cuitan yang mempertanyakan keberadaan Jack Ma.

Baca Juga: Bukan Lagi Jack Ma, Ini Sosok Milenial yang Jadi Orang Terkaya di China Hanya Dalam Sebulan Saja, Yunarto Soroti Pakaian yang Dikenakan Miliarder Tersebut!

"Di mana miliarder Cina Jack Ma? Dia tidak tampil di depan umum dalam 2 bulan. Dia mengkritik regulator China dan bank milik negara di Shanghai pada bulan Oktober," tulis akun terverifikasi Smita Prakash dengan nama pengguna @mitaprak, dikutip Sosok.ID.

"Miliarder China Jack Ma hilang setelah mengkritik pemerintah China. Wow. Ini akan seperti pemerintah AS menculik Jeff Bezos atau Mark Zuckerberg untuk memberi mereka pelajaran," tulis pengguna Twitter dengan centang biru lainnya, Matt Stoller.

Source : Twitter, The Tribune

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest