Follow Us

Wanti-wanti Inggris agar Tak Ikut-ikut Amerika, Tiongkok Ancam Bakal Ambil Tindakan Bila HMS Queen Elizabeth Nekat Sentuh Kawasan Laut China Selatan

Dwi Nur Mashitoh - Sabtu, 02 Januari 2021 | 16:45
HMS Queen Elizabeth, kapal perang terbesar yang pernah dibangun Inggris.
news.usni.org

HMS Queen Elizabeth, kapal perang terbesar yang pernah dibangun Inggris.

Sosok.ID - Tiongkok mengancam akan mengambil tindakan bila Inggris dan negera-negara barat lainnya ikut campur di Laut China Selatan.

Dilansir Sosok.ID dari The Sun, ancaman itu dilayangkan setelah kapal induk terbaru Inggris, HMS Queen Elizabeth dikabarkan akan dikerahkan di Laut China Selatan.

HMS Queen Elizabeth sendiri dijadwalkan akan dikerahkan di Laut China Selatan beberapa bulan mendatang sebagai bagian dari misi operasional pertamanya.

Tahun lalu, ketegangan meningkat antara China dan Barat.

Baca Juga: Tantang Perang China, Dua Kapal Perang US Navy Siaga di Taiwan

Ketegangan itu berkaitan dengan pandemi Covid-19, yang pertama kali dilaporkan di Kota Wuhan, China.

Selain itu ketegangan juga meningkat karena penindasan terhadap Hong Kong serta kendali atas Laut China Selatan.

Sebelumnya, Amerika telah lebih dulu mengirim kapal ke Laut China Selatan untuk menantang klaim Tiongkok atas wilayah tersebut.

Berangkat dari situ, muncul spekulasi bahwa Inggris akan melakukan hal yang sama ketika HMS Queen Elizabeth beroperasi penuh.

Baca Juga: Demi Habisi China Jepang Siapkan Jet Tempur Tanpa Awak untuk Tahun 2035

Menurut Kyodo News, kapal tersebut diharapkan akan bergabung dengan pasukan angkatan laut Amerika dan Jepang di dekat Kepualauan Ryukyu, Jepang "secepatnya (pada tahun 2021)".

Dalam konferensi pers bulanan di Beijing pada Kamis (31/12/2020), Juru Bicara Kementerian Pertahanan China, Tan Kefei menjawab pertanyaan terkait hal itu, lapor South China Morning Post.

Source : The Sun

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest