Follow Us

Sampai Saat Ini Hubungan dengan China Masih Adem Ayem, Indonesia Justru Diprediksi Bakal Terlibat Perselisihan Sengit dengan Tiongkok di Masa Depan, Terungkap Pemicunya

Dwi Nur Mashitoh - Selasa, 03 November 2020 | 09:13
Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping melakukan panggilan telepon membahas kerja sama demi perangi corona
(Biro pers setpres)

Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping melakukan panggilan telepon membahas kerja sama demi perangi corona

Sosok.ID - Negara China belakangan memang tengah menjadi perhatian dunia Internasional.

Hal itu tak terlepas dari konflik Tiongkok dengan beberapa negara.

Kendati Indonesia hingga saat ini tak terlibat masalah apapun dengan Negeri Panda.

Namun, menurut sebuah artikel yang diterbitkan Fpri.org, oleh Felix K.Chang, penelitis senior Kebijakan Luar Negeri, dan asisten profesor di Uniformed Services University of the Health Sciences.

Baca Juga: Gelontorkan Rp 26,4 Triliun untuk Borong Senjata dari AS, Taiwan Tegaskan Tak Punya Niat Saingi Kekuatan Militer China

Indonesia diprediksi akan mengalami perselisihan dengan China di masa depan, dilihat dari data-data hubungan kedua negara tersebut.

Dala tulisannya, Felix mengatakan memang tidak ada sengketa tanah, tetapi ada sengketa maritim, diperjelas pada Desember 2019.

Ketika sebuah kapal penjaga pantai Tiongkok mengawal beberapa kapal penangkap ikan masuk ke dalam sembilan garis putus-putus yang diproklamirkan Tiongkok.

Tetapi berada di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia, dekat kepulauan Natuna di Laut China Selatan.

Baca Juga: Bukan karena Miliki Kekuatan Militer yang Mumpuni, Rupanya Inilah yang Buat Tiongkok Tebal Muka Pertahankan Klaim Nine Dash Line di Laut China Selatan Meski Jelas-jelas Ditentang Dunia

Ini adalah situasi memanas pertama Indonesia dengan China, di mana Jakarta langsung memanggil duta besar China untuk melakukan protes diplomatik.

Source : Intisari Online

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest