Follow Us

Pulau yang Sudah 70 Tahun Dijaga Sekonyong-konyong Diroyok China, Taiwan Kerahkan Pasukan Latihan Tembak di Titik Nyala Potensial Terjadinya Perang

Rifka Amalia - Minggu, 20 Desember 2020 | 12:00
Militer Taiwan
mnd.gov.tw

Militer Taiwan

Sosok.ID - Taiwan, bersiap diri menghadapi kemungkinan perang lawan China dengan melakukan latihan tembak di titik nyala potensial di Laut China Selatan.

Pementasan latihan tembak langsung Taiwan dilakukan di Kepulauan Pratas, sebuah pulau di bagian utara Laut China Selatan.

Marinir yang telah ditempatkan di pulau-pulau yang dikelola Taiwan untuk operasi pelatihan di luar lokasi sejak Agustus, diharapkan untuk bergabung dengan anggota penjaga pantai lokal dalam latihan anti-pesawat dan anti-pendaratan laut.

Melansir warta South China Morning Post, Minggu (20/12/2020), terdapat laporan tahun ini yang menyatakan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China daratan mungkin melakukan latihan simulasi invasi ke pulau-pulau kecil.

Baca Juga: Beijing Mulai Rusuh, Amerika Pasang Kuda-kuda Siap Perang

Menurut Administrasi Penjaga Pantai Taiwan, yang 20 tahun lalu mengambil alih peran militer Taiwan dalam menjaga pulau-pulau, latihan tersebut adalah bagian dari program pelatihan tahunan di sana.

Latihan akan terdiri dari dua latihan tembak-menembak, satu pada hari Minggu (20/12) dan sisanya di tujuh hari lainnya.

Dikenal sebagai Kepulauan Dongsha dalam bahasa China, Kepulauan Pratas - terdiri dari satu pulau, dua terumbu karang, dan dua tepian.

Pulau ini terletak 445 km (277 mil) dari kota pelabuhan selatan Taiwan, Kaohsiung, dan lebih dari 300 km dari daratan China.

Baca Juga: Kapal-kapal Besar Termasuk Kapal Induk China Bakal dengan Mudah Dipecundangi, Inilah Senjata Baru Mematikan Milik Taiwan yang dengan Mudah Tak Terdeteksi Radar

Pulau itu diatur oleh Taiwan tetapi diklaim oleh Beijing.

Pada bulan Mei, Berita Kyodo Jepang melaporkan bahwa PLA berencana untuk melakukan latihan skala besar di pulau Hainan di China selatan pada bulan Agustus yang akan mencakup simulasi pengambilan Pulau Pratas.

Source : South China Morning Post

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest