Follow Us

Ogah Dipecundangi Taiwan di Medan Perang, China Sebut Korvet Canggih Taipe Bakal Hancur Lebur Ditangan Mereka

Rifka Amalia - Kamis, 17 Desember 2020 | 08:15
Helikopter serang Z-9 yang terpasang pada resimen penerbangan angkatan laut di bawah Komando Teater Timur PLA melayang di atas apron parkir selama latihan penerbangan tempur nyata pada akhir September 2020.
(eng.chinamil.com.cn/ Foto oleh Li Hengjiang )

Helikopter serang Z-9 yang terpasang pada resimen penerbangan angkatan laut di bawah Komando Teater Timur PLA melayang di atas apron parkir selama latihan penerbangan tempur nyata pada akhir September 2020.

Sosok.ID - Pulau Taiwan meluncurkan korvet kelas Tuo Chiang atau Ta Jiang dengan persenjataan berat pertama pada hari Selasa, (15/12/2020).

Media Taiwan menyebut kapal korvet tersebut sebagai "pembunuh kapal induk".

Meski demikian, pakar militer daratan China mengatakan pada hari Rabu (16/12) bahwa ancaman korvet terhadap Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) adalah terbatas dan hanya akan menjadi target pesawat PLA.

Dikutip dari Global Times, sebuah helikopter PLA Z-9 baru-baru ini melakukan latihan peluru kendali anti-kapal penembakan langsung, dan analis mengatakan taktik ini sangat cocok untuk melawan kapal-kapal kecil seperti korvet 700 ton dari pulau Taiwan.

Baca Juga: Unjuk Taring! Taiwan untuk Pertama Kali Luncurkan Korvet Pembunuh Kapal Induk Demi Cabik Serangan China, Spesifikasinya Menakjubkan!

Ta Chiang, yang merupakan korvet peluru kendali kelas Tuo Chiang buatan dalam negeri pertama Taiwan, diluncurkan pada hari Selasa di daerah Yilan, Taiwan News melaporkan pada hari yang sama.

Dijuluki "pembunuh kapal induk," korvet itu dirancang untuk bertempur dengan kapal perang daratan China, kata laporan Taiwan News, mencatat bahwa kapal itu akan dikirim ke angkatan laut pulau itu pada Juli 2021.

Kapal ini memiliki bobot 685 ton dan sarat dengan rudal anti-pesawat, rudal anti-kapal subsonik, rudal supersonik, sistem senjata jarak dekat Phalanx, dua senapan mesin, dan dua tabung torpedo, menurut laporan itu.

Baca Juga: Nasib Apes Trump Sebelum 'Ditendang' dari Gedung Putih, Kongres Melawan Upaya Veto RUU Pertahanan Berkedok China: Presiden Jelas Belum Baca!

Ini adalah kapal kecil dengan daya tembak yang kuat, tetapi taktik yang direncanakan untuk melawan PLA tidak akan berhasil, Song Zhongping, seorang ahli militer dan komentator TV China daratan, mengatakan kepada Global Times pada hari Rabu.

Militer Taiwan dapat mencoba menggunakan kapal tersebut untuk meluncurkan rudal terhadap kapal-kapal PLA dari luar wilayah pertahanan udara PLA.

Tetapi PLA mungkin tidak menggunakan kapal perang untuk melawan korvet pulau itu, tetapi menggunakan pesawat untuk menghancurkannya, jadi Tuo Korvet kelas Chiang tidak akan mampu menjadi "pembunuh kapal induk," kata Song.

Source : Global Times

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest