Follow Us

Timor Leste Tuding Bank Mandiri dan BRI sebagai Pembunuh Ekonomi Negaranya, Jose Ramos Horta: Kenapa yang Seperti Itu Dipilih?

Rifka Amalia - Sabtu, 26 September 2020 | 19:42
Jose Ramos-Horta, Presiden Timor Leste ke-2.
www.asianews.it

Jose Ramos-Horta, Presiden Timor Leste ke-2.

Sosok.ID - Di saat ekonominya makin sulit karena pandemi covid-19, Timor Leste harus dihadapkan pada bunga hutang yang mematikan dari bank asing yang beroperasi di sana.

Salah satu bank yang dimaksudkan yakni Bank Mandiri dan BRI, lainnya yakni BNU/CGS, dan ANZ Bank.

Selain memberikan pinjaman dengan bunga mematikan, bank-bank tersebut juga disebut memberikan pinjaman paling sedikit.

Hal tersebut membuat Mantan Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta, murka.

Baca Juga: Bocah Timor Leste 'Diculik' TNI dan Terjebak di Indonesia, Tak Pernah Kembali ke Tanah Kelahirannya: Aku Masih Hidup, Jangan Bilang Aku Sudah Mati

Menurutnya, bunga yang sangat tinggi itu adalah pembunuh sektor swasta Timor Leste dan menjadi hambatan nyata bagi pembangunan dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Ia mengungkapkan 'kemarahannya' melalui opini yang ditulisnya di laman The Oekusi Post pada 11 September 2020 kemarin.

Ramos Horta mengungkapkan keheranannya tentang bagaimana Pemerintah dan Bank Sentral bungkam terhadap 'bunga kejam' yang dibebankan cabang bank asing di Timor Leste tersebut.

Juga mengapa BCTL (Bank Sentral Timor Leste) dan banyak lembaga publik lainnya memilih bank-bank tersebut untuk simpanan dolar negara.

Baca Juga: Miskin dan Kacau, Timor Leste Justru Dipastikan Bakal Keluar dari Jurang Covid-19 dengan Kerusakan Paling Ringan Dibanding Negara Lain Termasuk Indonesia

Ia mengungkapkan bahwa pada tahun 2019, cabang bank lokal dari bank asing tersebut mengambil simpanan $ 1 miliar.

"Sebuah pertanyaan yang harus ditanyakan dan harus dijawab... mengapa bank asing yang memberi pinjaman paling sedikit dan memberikan pinjaman dengan bunga mematikan adalah pilihan BCTL (dan banka lembaga publik) yang disukai untuk simpanan dolar negara kita?," tulisnya.

Source : Intisari Online

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest