Follow Us

Tiongkok Beringas Gerogoti Laut China Selatan, Retno Marsudi Ajak Australia Gabung ASEAN, Kenapa?

Rifka Amalia - Sabtu, 12 September 2020 | 19:00
Ilustrasi kegiatan pembagunan China di Laut China Selatan
googleusercontent.com via Intisari.ID

Ilustrasi kegiatan pembagunan China di Laut China Selatan

Sosok.ID - Wakil Perdana Menteri Vietnam dan Menteri Luar Negeri Pham Binh Minh memimpin pertemuan video dengan para menteri luar negeri dari ASEAN di Hanoi pada hari Rabu (9/9/2020).

Setiap tahun, 10 negara ASEAN mengumpulkan kekuatan besar dengan kepentingan di Asia Tenggara, menawarkan panggung untuk persaingan diplomatik dan dinamika geopolitik.

Sama halnya dengan tahun ini. Meskipun Vietnam sebagai ketua blok harus melakukan pertemuan empat hari itu secara virtual sebagai akibat dari pandemi covid-19 yang masih merebak saat ini.

Di antara masalah yang paling diperdebatkan dalam agenda adalah sengketa Laut China Selatan, yang telah menjadi titik nyala meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan China di wilayah tersebut.

Baca Juga: Lagaknya Tawarkan Proposal Kekuatan Gabungan di Laut China Selatan, Nyatanya China hanya Galagasi ke Indonesia, Bakal Selalu Bermuka Dua hingga Berhasil Kuasai Perairan Natuna

Melansir Jakarta Post, Sabtu (12/9), ketegangan di Laut China Selatan kian memuncak, dengan AS bulan lalu memberi sanksi kepada 24 perusahaan milik China yang dituduh membantu dalam pembangunan militer Beijing di Laut China Selatan.

Pertemuan tingkat menteri ASEAN tahun ini juga dilakukan beberapa hari setelah Beijing meluncurkan rudal balistik di jalur perairan yang kaya sumber daya itu sebagai bagian dari latihan tembakan langsung.

Namun Indonesia dan ASEAN pada umumnya terus menyerukan menahan diri dari semua pihak, agar tidak memperumit situasi yang sudah tegang.

Dalam pidato di Pertemuan Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur ke-10 (EAS) pada hari Rabu, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan aktivitas Angkatan Laut AS baru-baru ini mengganggu konsultasi antara negaranya dan anggota ASEAN untuk menyelesaikan perselisihan mereka.

Baca Juga: Negara 'Anti-China' Tanda Tangani Pakta Militer Antarbenua untuk Jegal Pengaruh Tiongkok di Indo-Pasifik, Indonesia akan Berdiskusi

Pada Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN-AS pada hari Kamis (10/9), Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berusaha untuk menggalang dukungan dari rekan-rekan ASEAN. Ia mendesak mereka untuk menentang ekspansi maritim China di perairan dan mempertimbangkan kembali hubungan bisnis mereka dengan perusahaan negara China “yang menggertak ASEAN negara pantai di Laut Cina Selatan."

China mengklaim wilayah Laut China Selatan meskipun jaraknya sangat jauh dari garis pantainya.

Source : The Jakarta Post

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest