Follow Us

Negara 'Anti-China' Tanda Tangani Pakta Militer Antarbenua untuk Jegal Pengaruh Tiongkok di Indo-Pasifik, Indonesia akan Berdiskusi

Rifka Amalia - Sabtu, 12 September 2020 | 14:42
Militer China ingin dominasi dunia di tahun 2049.
China Military

Militer China ingin dominasi dunia di tahun 2049.

Sosok.ID - Pengaruh China di dunia menunjukkan keseriusan respon dari beberapa negara.

Negara-negara 'anti-China' melakukan kerja sama untuk mendukung satu sama lain, demi menghentikan arogansi Tiongkok di Indo-Pasifik.

Setelah India dan Jepang menandatangani pakta logistik militer utama, perjanjian serupa lainnya yang melibatkan Prancis dan Australia tampaknya akan segera dilakukan.

Pakta militer antarbenua semacam itu memiliki satu tujuan yang sama, yakni untuk menantang meningkatnya ancaman China di dunia.

Baca Juga: Bocor! Rekaman Perang China dan India di Perbatasan Beredar Luas, Analis Bongkar Gertakan Negeri Panda Tak Sembarangan: Inilah Cara Beijing!

Meskipun tak satu pun dari perjanjian tersebut secara eksplisit menyebutkan negara tertentu, para pemimpin telah berbicara tentang tantangan yang berkembang di Asia Pasifik dan meningkatnya ketegasan China.

Dilansir Sosok.ID dari eurasiantimes.com, Sabtu (12/9/2020), Jepang disebutkan mendukung India dalam perselisihan dengan China.

Setelah bertahun-tahun bernegosiasi antara India dan Jepang, mereka akhirnya menandatangani sebuah perjanjian penting.

Perjanjian itu memungkinkan kedua negara untuk menggunakan pangkalan dan fasilitas maritim satu sama lain untuk perbaikan dan pengisian pasokan, selain memfasilitasi peningkatan kerja sama secara keseluruhan.

Baca Juga: Taipe Berang! 2 Lusin Pesawat Militer dan 7 Kapal AL China Sekonyong-konyong Latihan Adu Gempur di Zona Taiwan, 'Jangan Remehkan Tekad Kami!'

Dengan latar belakang meningkatnya agresi Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) di Ladakh India,dan Kepulauan Senkaku Jepang, pakta akuisisi dan lintas layanan ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Ajay Kumar dan Duta Besar Jepang Suzuki Satoshi, kata juru bicara kementerian pertahanan India.

Jepang terus-menerus memberikan dukungannya kepada India dan mengkritik langkah "sepihak" apa pun oleh China untuk mengubah status quo di Ladakh.

Source : Eurasian Times

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest