Follow Us

Makin Kondang! China Kokang Senjata di 4 Wilayah Laut Berbeda dalam Waktu Bersamaan, Bagian dari Kesiapan Konfrontasi Lawan AS dan Taiwan

Rifka Amalia - Selasa, 25 Agustus 2020 | 14:00
Ilustrasi - Latihan militer China
Burkitt, Janet, CTR, DIMOC JCCC

Ilustrasi - Latihan militer China

Sosok.ID - Latihan angkatan laut China di 4 wilayah menunjukkan bahwa Beijing memiliki kemampuan yang mumpuni untuk melawan Amerika Serikat (AS).

Diketahui, China mengadakan latihan pada waktu yang hampir bersamaan di Laut Cina Selatan, Laut Cina Timur, Laut Kuning dan Teluk Bohai.

Sedangkan AS bulan lalu melakukan latihan pertahanan udara di Laut China Selatan yang disengketakan, serta menunjukkan kesediaan yang lebih besar untuk menghadapi China di wilayah tersebut.

Melansir South China Morning Post, Latihan militer di empat wilayah laut ini dipandang sebagai langkah langka yang mungkin dirancang untuk menandakan kesiapan China menangani konfrontasi bersenjata dengan AS dan Taiwan.

Baca Juga: China Bersikap Aneh, Mendadak Ajak Diskusi Soal Laut China Selatan, Diplomat ASEAN Yakin Negosiasi Cuma Embel-embel untuk Diam-diam Pecundangi AS

Para ahli mengatakan, waktu latihan itu dimaksudkan untuk menandakan kemampuan memobilisasi pasukan di berbagai lokasi, meskipun Beijing tidak bermaksud untuk berperang melawan AS.

Administrasi keselamatan maritim di empat lokasi mengeluarkan pemberitahuan antara Jumat dan Minggu untuk mengumumkan latihan, dan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mengatakan latihan telah diselesaikan di tempat lain.

Lokasi itu termasuk dua di Laut China Selatan, satu di Laut China Timur, satu lagi di utara di Laut Kuning, dan satu lagi di Teluk Bohai, teluk terdalam di Laut Kuning.

Di Laut China Selatan yang disengketakan, sebuah wilayah di timur provinsi pulau selatan Hainan akan dibatasi untuk latihan militer mulai Senin hingga Sabtu.

Baca Juga: Bahaya! Jika Sukses Kuasai Laut China Selatan, Rudal Beijing Berpeluang Gebuk Jakarta dan Laut Jawa, Ini Sebabnya!

Hainan menjadi tuan rumah salah satu dari dua pelabuhan rumah untuk dua kapal induk China.

Sementara itu, Taiwan memposting video pasukan 'menangkis serangan dari daratan' di tengah ketegangan lintas selat yang memburuk keadaan.

Source : South China Morning Post

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest