Tak Sanggup Sendirian 'Tabok' China, Taiwan Nemplok ke Amerika, Sebut Butuh Negara Berpemikiran Terbuka seperti AS

AS akan memberikan perlindungan kepada Taiwan yang sering ditekan China Petty Officer 2nd Class Anthony
AS akan memberikan perlindungan kepada Taiwan yang sering ditekan China

Sosok.ID - China memaksa untuk mengatur kedaulatan Taiwan meski ia tak memimpin negara tersebut.

Hal ini membuat Taiwan gerah, dan memilih untuk meminta bantuan ke Negeri Paman Sam.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen tekankan perlunya negara pemikiran terbuka dan penuh dengan demokrasi seperti Amerika Serikat (AS) untuk membantu Taiwan aman dari ancaman Beijing.

Dalam panggilan virtual ke Institut Hudson, Washington pada Rabu kemarin, Tsai katakan prioritas utama untuk masa jabatan keduanya adalah memperkuat pertahanan militer pulau Taiwan.

Baca Juga: Beredar Video Pasukan 'Naga Laut' Tiongkok Lengkap dengan Senjata Spesial QBS-05, Siap Antisipasi Serangan Bawah Laut AS di Laut China Selatan

Termasuk salah satunya adalah dengan mencari "hubungan keamanan yang konstruktif" dengan AS.

"23 juta penduduk kami memiliki hak untuk tentukan masa depan kami sendiri, yang tentunya bertolak belakang dengan posisi yang telah ditentukan Beijing," ujarnya.

"Memegang prinsip ini membutuhkan kami mampu mempertahankan Taiwan terhadap aksi koersif. Harus ada aksi daripada kata-kata semata."

Tidak tanggung-tanggung, kabinet Tsai pada Rabu kemarin menyusun peningkatan biaya pertahanan militer sebesar 10% biaya awal untuk tahun depan.

Baca Juga: Lagi! Seorang Mata-mata China Tertangkap di AS, Mahasiswa S2 Asal Singapura Mengaku Telah Bongkar Cara Pembuatan Jet Tempur F-35B AS ke Pemerintah Tiongkok

PROMOTED CONTENT

Video Pilihan

KOMENTAR

POPULAR

TAG POPULAR