Follow Us

Ingin Melepaskan Diri dari Indonesia, 8 Aktivis FKM Sengaja Kibarkan Bendera Benang Raja demi Diliput Media, Cari Perhatian dan Butuh Pengakuan Internasional

Rifka Amalia - Senin, 27 April 2020 | 09:00
Tiga aktivis Front Kedaulatan Maluku (FKM) menerobos markas Polda Maluku sambil membawa bendera benang raja tepat di hari ulang tahun (HUT) RMS, Kamis (25/4/ 2020)
(KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY)

Tiga aktivis Front Kedaulatan Maluku (FKM) menerobos markas Polda Maluku sambil membawa bendera benang raja tepat di hari ulang tahun (HUT) RMS, Kamis (25/4/ 2020)

Sosok.ID - Sebanyak delapan orang ditangkap setelah nekat mengibarkan bendera benang raja saat Hari Ulang Tahun (HUT) RMS, di Maluku, Kamis (25/4/2020).

Dari delapan warga, lima diantaranya ditangkap di Pulau Haruku dan Kota Ambon.

Lalu tiga sisanya adalah aktivis Front Kedaulatan Maluku (FKM) yang datang ke Polda Maluku sambil membawa bendera Republik Maluku Selatan (RMS).

“Jadi semuanya delapan orang yang ditahan dan saat ini sementara diperiksa,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat.

Baca Juga: Ogah Akui NKRI meski Makan Sehari-hari pakai Duit Gaji dari Negara, ASN Aktivis FKM Nekat Terobos Markas Polda Maluku Bawa-bawa Bendera Kedaulatan Mereka

Sementara itu, Roem menjelaskan, kedatangan ketiga aktivis tersebut menyerahkan diri setelah mengetahui ada simpatisan RMS yang ditangkap karena mengibarkan bendera benang raja di Ambon dan Pulau Haruku.

“Mereka datang untuk menyerahkan diri sambil membawa bendera RMS itu,” katanya.

Propaganda dan dibayar pihak lain

Dari hasil interogasi terhadap kedelapan orang tersebut, Roem menjelaskn, lima warga mengaku terlibat dalam kegiatan makar karena ingin mendapat pengakuan dan simpati masyarakat internasional melalui pemberitaan media.

Baca Juga: Lagi Antre Berobat di Bidan Tetiba Ambruk Kejang-kejang Hingga Tewas, Pria di Grobogan Langsung Dievakuasi Petugas Medis dengan APD

“Mereka ini ingin mendapat pengakuan jadi mereka melakukan propaganda dan berharap di liput media biar disebarluaskan,” katanya.

Selain itu, kelima warga tersebut juga nekat mengibarkan bendera benang raja di HUT RMS karena dibayar.

Source : Kompas.com

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest