Follow Us

Gawat, Hasil Survei Sebut 31 Persen Warga DKI Masih Berniat Mudik Lebaran di Tengah Anjuran Tetap di di Rumah Oleh Pemerintah

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Minggu, 19 April 2020 | 04:35
(Ilustrasi mudik) Gawat, Hasil Survei Sebut 31 Persen Warga DKI Masih Berniat Mudik Lebaran di Tengah Anjuran Tetap di di Rumah Oleh Pemerintah
Kompas.com

(Ilustrasi mudik) Gawat, Hasil Survei Sebut 31 Persen Warga DKI Masih Berniat Mudik Lebaran di Tengah Anjuran Tetap di di Rumah Oleh Pemerintah

Sosok.ID - Indonesia masih berjuang melawan wabah corona (Covid-19).

Salah satu upaya pemerintah adalah menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Menjelang Ramadan 1441 Hijriah, pemerintah juga mengimbau warga yang berada di zona merah corona tidak melaksanakan mudik di tengah pandemi. Rasanya, imbauan saja tidak cukup.

Lihat saja, survei nasional Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) memperlihatkan, sebanyak 31% warga DKI tetap ingin pulang kampung (mudik) saat Lebaran nanti.

Baca Juga: Susah Payah Buatkan APD Gratis untuk Petugas Medis, Anne Avantie Malah Dimanfaatkan Oknum Penipu, sang Desainer Geram Namanya Dicatut : Saya Juga Nggak Berpenghasilan, Anda Kok Tega-teganya!

Mereka yang ingin mudik ini termasuk juga kalangan yang berpendidikan tinggi dan berpenghasilan tinggi.

"Secara nasional, persentase warga yang ingin mudik mencapai 11% atau setara dengan 20 juta warga dewasa," ungkap CEO SMRC, Sirojudin Abbas, dikutip dari laman saifulmujani.com.

Mengingat masih tingginya minat para perantau untuk mudik, menurut SMRC, pemerintah perlu menggencarkan edukasi dan penataan kebijakan yang lebih tegas terhadap kegiatan mudik, terutama dari Jakarta.

SMRC melakukan survei nasional tentang wabah Covid-19 yang dirilis secara online pada 17 April 2020.

Baca Juga: Dunia Kena Tipu, Siapa Sangka AS Ikut Andil Melatih China Membangun Laboratorium Wuhan Tempat Terciptanya Virus Corona

Survei berlangsung pada 9-12 April 2020 terhadap 1.200 responden yang diwawancarai melalui telepon yang dipilih secara acak, dengan margin of error 2,9%.

Source : Kontan.co.id

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest