Follow Us

Awas! Teroris Lintas Batas WNI Eks ISIS Diduga Coba Balik ke Tanah Air Secara Ilegal, Staf Kepresidenan: Siagakan Aparat Berwajib, Kontrol Penuh Pintu Masuk Negara!

Rifka Amalia - Jumat, 14 Februari 2020 | 16:00
Ilustrasi kelompok radikal ISIS.
Elite Readers

Ilustrasi kelompok radikal ISIS.

Sosok.ID - Pemerintah Indonesia menegaskan tak akan memulangkan WNI eks ISIS ke tanah air.

Satu-satunya yang dipertimbangkan untuk dapat kembali ke tanah air adalah anak-anak, terkhusus yatim piatu dan anak dibawah 10 tahun.

Meskipun begitu, Indonesia patut mengawasi adanya pergerakan ilegal usai penolakan Pemerintah.

Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono menyebut ada kemungkinan warga negara Indonesia eks ISIS atau teroris lintas batas di luar negeri mencoba untuk kembali ke tanah air dengan cara ilegal.

Baca Juga: Kontras dengan Putri Sulung dan Menantunya yang Hamburkan Miliaran Rupiah Demi Plesiran Keliling Dunia, Tengok Nasib Ayah Nagita Slavina Sampai Berburu Babi dan Lempar Kapak

Menurut dia, hal itu bisa terjadi apabila mereka dideportasi oleh negara di mana mereka mengungsi.

"Ada kemungkinan mereka dapat dideportasi atau menyusup (ke Indonesia) lewat jalur yang minim pengawasan," kata Diaz kepada wartawan, Jumat (14/2/2020).

Oleh karena itu, Diaz menilai pembicaraan terkait setuju atau tidak setuju pemulangan WNI yang gabung dengan ISIS atau organisasi teror lainnya seharusnya sudah tidak perlu dilanjutkan lagi.

Saat ini, lebih baik semua pihak fokus kepada persiapan internal.

"Kita harus waspada, dan harus menyiagakan aparat berwajib untuk melakukan kontrol penuh di seluruh pintu masuk negara. Blokir semua jalur masuk," ujar dia.

Baca Juga: Kisah Penuh Peluh Si Badut Mampang, Dari Mulung Sampai Ngamen untuk Kredit Motor dan Malah Digadaikan Anaknya, Sesenggukan Pak Bolot Usap Air Mata: Padahal Itu Transportasi Ngebadut Saya

Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini sekaligus mengatakan bahwa aspek hukum dan sosial harus dipersiapkan dengan baik.

Source : Kompas.com

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest