Follow Us

Sempat Timbulkan Pro dan Kontra, Pemerintah Akhirnya Putuskan untuk Tak Pulangkan WNI Eks ISIS ke Indonesia, DPR : Keputusan yang Sangat Tepat

Dwi Nur Mashitoh - Rabu, 12 Februari 2020 | 08:00
Ilustrasi ISIS.
Twitter

Ilustrasi ISIS.

Sosok.id - Pemulangan warga negara Indonesia (WNI) eks Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) sempat menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

Pihak keluarga mendesak pemerintah sementara masyarakat khawatir hal itu akan menimbulkan masalah yang lebih besar.

Namun, pemerintah akhirnya memutuskan untuk tak memulangkan WNI eks ISIS.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Fraksi Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menilai tepat pemerintah tidak memulangkan 689 orang eks ISIS ke Indonesia.

Baca Juga: Perdana Disunat Setelah 75 Tahun, Kakek di Purbalingga Mau Jalani Khitan Usai Dijanjikan Istri Sakitnya Cuma 2 Hari Hingga Bakal Dibuatkan Syukuran

"Keputusan pemerintah sudah sangat tepat untuk tidak memulangkan eks WNI yang terlibat ISIS," ujar Ketua DPP Golkar ini kepada Tribunnews.com, Selasa (11/2/2020).

Ace menilai, keputusan pemerintah itu sebetulnya justru untuk menjaga agar negara Indonesia tidak terkontaminasi dengan "virus" terorisme yang telah menjangkit mereka.

"Kebijakan ini tentu sejalan dengan apa yang selama ini kami sampaikan. Kita jangan mengambil resiko yang besar jika belum mampu untuk menangkal sistem pembinaan kombatan anggota teroris seperti ISIS," jelas Ace.

Selain itu, dia tegaskan, ISIS secara ideologi tak bisa mati dan merupakan kejahatan lintas batas negara.

Baca Juga: Musuh Bebuyutan Unggah Foto Diduga Lucinta Luna di Kantor Polisi, Sebut Kekasih Abash Keciduk Pakai Narkoba, Begini Penjelasan Pihak Berwajib

"Tidak ada jaminan mereka tidak akan menebarkan ideologi yang sudah diyakininya tersebut. Ideologi itu yang bertentangan dengan Pancasila dan NKRI," tegasnya.

Source : tribunnews

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest