Cerita Herman Sarens, Komandan Korps Markas Hankam yang Kepalanya Nyaris Bolong Gegara Ditodong Pistol oleh Soeharto: Kalau Meledak, Mati Gue!

Cerita Herman Sarens, Panglima TNI yang Kepalanya Nyaris Bolong Gegara Ditodong Pistol oleh Soeharto Kolase gambar Kompas.com/Glori K. Wadrianto
Cerita Herman Sarens, Panglima TNI yang Kepalanya Nyaris Bolong Gegara Ditodong Pistol oleh Soeharto

 

Sosok.ID - Masa kelam pemberontakan G3OS/PKI Tanah Air rupanya masih segar diingatan beberapa orang.

Kengerian masa-masa gerakan pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada 30 September 1965 bukan hal yang mudah dilupakan untuk sebagian orang.

Salah satunya adalah Herman Sarens Soediro, Komandan Korps Markas Hankam yang pernah kena semprot sampai ditodong pistol oleh Soeharto pada kala itu.

Ya, dikutip Sosok.ID dari manuskrip autobiografi berjudul 'Cerita Seorang Tentara: Cuplikan Riwayat Kehidupan Herman Sarens Sudiro' via Tribun Lampung kengerian masa pemberontakan PKI sempat diceritakan dalam buku tersebut.

Baca Juga: NASA Sebut 3 Asteroid Besar Berkecepatan 80 Ribu Km/Jam Akan Dekati Orbit Bumi Malam Ini, Menabrak atau Cuma Lewat?

Kengerian tersebut diceritakan dalam sudut pandang Herman Sarens Soediro, yang kala itu menjabat sebagai Komandan Korps Markas Hankam.

Herman Sarens Soediro sendiri dikenal sebagai Komandan Korps Markas Hankam yang tegas dan tak gentar dalam hal apapun.

Ia pun dikenal sebagai salah satu tokoh penting yang dekat dengan Soeharto.

Saat Soharto menjabat sebagai Presiden RI, Herman Sarens Soediro bahkan diangkat sebagai Komandan Komando Satuan Tugas (Kosatgas) Supersemar dengan pangkat kolonel.

Baca Juga: Petualangan Cinta Giacomo Casanova, si Pencabul Flamboyan yang Akui Suka Perkosa Anak Sendiri dan Punya 120 Pacar

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR