Api Kemarahan dan Derita Membumbung Tinggi di Sudan, Amerika dan China Tutup Mata atas Kudeta Afrika

Sabtu, 04 Desember 2021 | 21:42
Handout - Anadolu Agency

Kepala Dewan Transisi Militer Sudan (TMC), Abdul Fattah al-Burhan

Sosok.ID- Kemunduran di pihak kekuatan Barat, dan kebangkitan China yang ramah otokrat, telah menciptakan suasana di Afrika yang memberanikan para jenderal dan klik militer untuk merebut kekuasaan.

Kudeta terbaru di Sudan telah dimodifikasi oleh pengangkatan kembali Perdana Menteri sipil Abdalla Hamdok oleh Jenderal Abdel Fattah al-Burhan.

Kudeta, yang telah diisukan secara luas di Sudan tetapi masih berhasil membutakan Amerika Serikat, tetap menjadi sumber kemarahan warga Sudan.

Tetapi Washington masih belum mengambil sikap yang jelas tentang masalah ini.

Baca Juga: Gas Air Mata Pecah di Langit Sudan, Ribuan Orang Memprotes Kudeta Militer meski Nyawa Jadi Taruhan

Dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (4/12/2021), reaksi dari diplomat Amerika, yang telah mengisyaratkan penerimaan pengaturan baru dan kesediaan untuk menutup mata terhadap dominasi militer yang terus berlanjut dari pemerintah transisi, telah sangat menyimpang dari reaksi warga Sudan, yang terus menolak hegemoni militer.

Kasus ini menyoroti runtuhnya koalisi anti-kudeta yang telah dibentuk untuk Afrika – kehancuran yang menyebabkan intervensi militer muncul kembali sebagai metode utama dimana kekuasaan ditransfer di benua itu.

Setelah dekolonisasi, pemilihan umum yang kompetitif tetap jarang terjadi selama beberapa dekade di Afrika.

Sementara kudeta militer muncul sebagai metode utama di mana kekuasaan berpindah tangan.

Baca Juga: Kudeta Guinea, Junta Militer Paksa Bank Sentral Bekukan Rekening Pemerintah, Penggulingan akibat Kemiskinan dan Korupsi Endemik

Tetapi sekitar pergantian abad, pemilihan multipartai menjadi norma di negara-negara Afrika, sementara kudeta diturunkan menjadi kerusakan tatanan konstitusional yang jarang dan umumnya berumur pendek.

Perubahan dramatis ini, yang terjadi setelah Perang Dingin, disebabkan oleh konvergensi aktor domestik dan internasional.

Penduduk lokal, muak dengan pemerintahan diktator dan militer dan berharap akan janji-janji demokrasi, memaksa otokrat dan rezim militer untuk minggir.

Organisasi Persatuan Afrika (OAU) berubah dari "klub diktator" yang terkenal kejam menjadi menegakkan demokrasi dan konstitusionalisme sebagai persyaratan untuk keanggotaan berkelanjutan di badan politik utama benua itu.

Baca Juga: Saksikan Pembunuhan Keji Tiada Henti, Wanita Myanmar Bergabung dalam Perang Melawan Kudeta: Saya Mengangkat Senjata karena Tak Punya Pilihan

Sementara itu, dengan jatuhnya Uni Soviet, Amerika Serikat dan kekuatan Barat lainnya berkomitmen untuk menegakkan demokrasi.

Orang kuat dan junta Afrika dibiarkan tanpa dukungan internasional, yang mengarah pada demokratisasi yang meluas, meskipun jauh dari lengkap, di seluruh benua.

Untuk sementara, konsensus anti-kudeta diadakan. Ketika aktivisme pro-demokrasi yang populer bertahan, militer Afrika didorong kembali ke barak dan otokrat digulingkan dari jabatannya.

Upaya kudeta merosot, dan para pemimpin militer yang memang merebut kekuasaan, seperti di Niger pada 2010 atau Mali pada 2012, dengan cepat disingkirkan dalam menghadapi kecaman Afrika, Barat, dan internasional yang lebih luas.

Baca Juga: Sangat Keji, Tentara Menghancurkan dan Membakar Persediaan Beras untuk Rakyat Terlantar di Myanmar

Warisan transisi ini tetap bertahan dalam persaingan politik multipartai di negara-negara yang sebelumnya dilanda kudeta seperti Ghana dan Nigeria.

Tetapi ketika kudeta kembali terjadi di Afrika – dengan surat kabar Wall Street Journal mencatat bahwa pengambilalihan militer telah kembali tahun ini ke level tertinggi dalam 40 tahun – menjadi jelas bahwa ada perpecahan yang berkembang dalam koalisi anti-kudeta yang membantu demokrasi muncul di Afrika.

Penduduk lokal telah menjunjung tinggi kesepakatan mereka, seperti halnya blok-blok regional seperti Uni Afrika (AU), organisasi penerus OAU.

Tetapi lingkungan internasional telah kembali ke lingkungan yang paling memungkinkan pengambilalihan militer, dan paling buruk secara aktif menyambut mereka sebagai cara yang bijaksana untuk menyingkirkan para pemimpin yang mengancam atau menjijikkan.

Baca Juga: Kudeta Militer Membunuh Impian Pendidikan Tinggi Rakyat Myanmar, Kini Buku Ditukar dengan Pistol

Kemunduran di pihak kekuatan Barat, dan kebangkitan Cina yang ramah otokrat, telah menciptakan suasana yang memberanikan para jenderal dan klik militer untuk merebut kekuasaan.

Satu dekade lalu, Musim Semi Arab membawa gelombang demokratisasi ke Afrika Utara, menggulingkan diktator Tunisia, Libya dan Mesir yang telah lama menjabat.

Namun, setelah transisi Mesir yang mulai meruntuhkan konsensus internasional melawan kudeta di Afrika.

Ketika pemerintahan Mohamed Morsi yang terpilih secara demokratis digulingkan pada 2013, AU dengan cepat mengutuk kudeta tersebut.

Baca Juga: Kudeta Sudan, 2 Orang Ditembak Mati dalam Protes Nasional, Puluhan Orang Berdarah-darah dari Arah Gedung Parlemen

AS dan kekuatan Barat lainnya, bagaimanapun, berbohong, prihatin dengan perubahan kekuasaan yang tidak demokratis tetapi senang melihat Morsi pergi.

Pemerintah Amerika secara terbuka menolak untuk menyebut penggulingan itu sebagai kudeta, dan segera Jenderal yang berubah menjadi Presiden Abdel Fattah el-Sisi menemukan dirinya dalam rahmat baik AS, sementara juga menyesuaikan diri dengan kekuatan otokratis seperti Arab Saudi dan China.

Retakan dalam koalisi anti-kudeta yang dibuat untuk Mesir pada 2013 tumbuh menjadi jurang empat tahun kemudian, ketika Presiden Robert Mugabe dari Zimbabwe didorong keluar dari kekuasaan oleh militernya di tengah perebutan kekuasaan internal di dalam partai ZANU-PF yang berkuasa.

Pada saat itu, ada pendapat yang hampir bulat bahwa pemerintahan Mugabe yang hampir 40 tahun harus berakhir.

Dia didorong keluar oleh mantan sekutunya, dengan dukungan rumor dari China, di mana pemimpin kudeta Constantine Chiwenga, komandan militer Zimbabwe, telah berkunjung sebelum kembali ke Zimbabwe untuk menyingkirkan Mugabe.

Baca Juga: Jenderal Militer Sudan Klaim Lakukan Kudeta Demi Cegah Perang Saudara

Langkah itu disambut dengan kelegaan dari pemerintah Barat yang telah lama bosan dengan Mugabe dan persetujuan dari warga Zimbabwe, yang sebagian besar telah menjalani seluruh hidup mereka di bawah kekuasaan Mugabe.

Namun, AU mengutuk campur tangan militer untuk menyingkirkan Mugabe, dan partai-partai oposisi Zimbabwe serta kelompok-kelompok masyarakat sipil memperingatkan bahwa pengganti yang dipilih tentara, pendukung ZANU-PF Emmerson Mnangagwa, akan sama menindasnya seperti pendahulunya.

Tetapi AS dan negara-negara Barat lainnya dengan senang hati berpura-pura bahwa “pengunduran diri” Mugabe itu sah dan tidak dilakukan langsung, dan Barat dengan cepat menerima pemilihan tergesa-gesa yang diadakan untuk melegitimasi Mnangagwa.

Pemerintah ZANU-PF telah mempertahankan “kebijakan melihat ke Timur”, tetap nyaman dengan China – meskipun warga lokal Zimbabwe marah pada eksploitasi ekonomi China atas sumber daya mineral Zimbabwe.

Baca Juga: Tak Hanya Dianggap Tangan Besi, Adik Kim Jong Un Disebut Telah Kudeta Kakaknya Sendiri, Kini Pemimpin Korea Utara Hanya Sosok Peniru?

Prediksi lokal yang pesimis tentang pemerintahan Mnangagwa telah terbukti benar – ZANU-PF tetap menindas seperti sebelumnya – tetapi pemimpin baru tetap ditopang oleh suasana legitimasi yang diberikan kepadanya oleh komunitas internasional. Yang membawa kita ke hari ini.Jenderal Burhan dari Sudan kemungkinan besar memikirkan contoh Mesir dan Zimbabwe ketika ia merencanakan kudeta.

Dengan memperhitungkan bahwa ia dapat mengambil alih kekuasaan dan mendapatkan persetujuan dari kekuatan utama seperti AS, yang tetap bersedia menggantikan pariah al-Bashir dengan represif yang sama.

Tetapi alternatif yang didominasi militer kurang terkenal, dan China, yang senang bekerja dengan pemerintah apa pun yang membawa stabilitas bagi mitra ekonomi lama.

Sementara itu, para aktivis, politisi, dan warga negara terus mempertaruhkan hidup mereka untuk memperjuangkan demokrasi sejati yang dipimpin sipil di Sudan (dan Mesir dan Zimbabwe, dalam hal ini).

Baca Juga: Ramai Kabar Pemimpin Korut Kim Jong Un Telah Dikudeta Adiknya dan Sosoknya Kini Digantikan Peniru

Namun perjuangan untuk demokrasi dan melawan pemerintahan militer di Afrika telah mengalami kemunduran yang signifikan.

Tahun ini saja, kudeta telah menggulingkan pemerintah yang ada atau secara tidak demokratis mengangkat pemimpin baru di Chad, Mali, dan Guinea, selain Sudan.

Sementara penduduk Afrika tetap sangat berkomitmen untuk demokrasi dan menentang pemerintah militer, kurangnya mitra pro-demokrasi internasional yang dapat diandalkan membuat perjuangan melawan kekuasaan militer jauh lebih sulit.

Tetapi seperti yang ditunjukkan oleh protes anti-militer yang berkelanjutan di Sudan, penduduk setempat bersedia melanjutkan perjuangan untuk demokrasi, bahkan jika mereka harus melakukannya sendiri.

Baca Juga: Hari Paling Mematikan Sejak Kudeta Sudan, 40 Orang Tewas, Ratusan Terluka, Polisi Ogah Tanggung Jawab

(*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Al Jazeera

Baca Lainnya