Borok Pembunuhan yang Dilakukan Tentara Australia terhadap Afghanistan Terbongkar, Pertengkaran Diplomatik Canberra dan China Pantik Kengerian Perang

Kamis, 03 Desember 2020 | 20:00
World Slogan

Foto: Tentara Australia ketika berada di Timor Leste saat kerusuhan tahun 2006 terjadi

Sosok.ID - China dan Australia berada dalam pertengkaran diplomatik yang buruk akibat dari tweet tentang kejahatan perang yang nyata.

Melansir Vox, Kamis (03/12/2020), Australia merilis laporan tentang dugaan kejahatan perang di Afghanistan.

China mengolok-olok Australia di Twitter tentang hal itu, dan Canberra mengambil umpannya.

Sebuah gambar palsu yang di-tweet oleh seorang diplomat China telah menyebabkan keretakan besar-besaran antara Australia dan China.

Baca Juga: Bocor Foto-foto Tentara Australia Minum Bir dari Kaki Palsu Pejuang Taliban yang Terbunuh, Afghanistan Naik Darah: Mereka Menjijikkan!

Tweet itu telah memusatkan perhatian global pada kejahatan perang nyata yang dilakukan militer Australia di Afghanistan.

Zhao Lijian, seorang pejabat Kementerian Luar Negeri China yang tampaknya bersuka cita dalam menjebak lawan-lawannya, men-tweet gambar mengerikan pada hari Minggu tentang seorang tentara Australia yang tersenyum sambil memegang pisau di leher seorang anak Afghanistan.

Wajah anak itu ditutupi oleh bendera Australia pada gambar, dan di bawahnya ada tulisan: "Jangan takut, kami datang untuk membawakanmu kedamaian!"

Gambar bohong yang dibuat dengan komputer itu adalah karya seniman nasionalis Tiongkok Wuheqilin, tetapi terinspirasi oleh peristiwa nyata.

Baca Juga: Diprediksi Bakal Miliki Kekuatan Luar Biasa di Tahun 2050, Indonesia Diam-diam Mulai Dipepet Australia, Rupanya Ini yang Diincar Negeri Kanguru

Bulan lalu, Australia merilis laporan Brereton, hasil dari penyelidikan empat tahun terhadap kejahatan perang yang dilakukan oleh Layanan Udara Khusus elitnya saat berperang di Afghanistan.

Di antara tuduhan mengejutkan laporan itu adalah bahwa tentara Australia terlibat dalam pembunuhan 39 warga sipil Afghanistan, tidak ada yang terjadi selama pertempuran.

Komandan senior diduga meminta perwira junior untuk membunuh tahanan dalam proses yang disebut "blooding", dan senjata ditanam pada tawanan yang mati untuk membenarkan eksekusi mereka.

Laporan tersebut mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh publik Australia, tetapi tidak mendominasi berita global.

Baca Juga: Bercucuran Tangis Mengadu kepada Prajurit Australia, Rakyat Timor Leste Ingin Mati di Tempat Lain ketimbang di Negara Sendiri

Sampai pada akhirnya tweet trolling Zhao mengubah subjek kejahatan perang Australia menjadi pertengkaran diplomatik internasional, memaksa pemerintah Australia untuk menanggapi dan meluncurkan cerita itu menjadi berita utama global.

"Ini benar-benar keterlaluan dan tidak bisa dibenarkan atas dasar apapun," kata Perdana Menteri Australia Scott Morrison kepada wartawan, Senin (30/11/2020).

“Pemerintah China seharusnya sangat malu dengan postingan ini. Itu mengurangi mereka di mata dunia. ... Itu adalah citra palsu dan penghinaan yang mengerikan bagi pasukan pertahanan besar kita. " Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne menuntut permintaan maaf dari Beijing.

"Pihak Australia telah bereaksi sangat keras terhadap tweet kolega saya," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying selama briefing hari Senin.

Baca Juga: Pantas Saja Australia Ngebet Ingin 'Berteman' dengan Indonesia, Ternyata RI Diprediksi Akan Alami Hal Hebat Ini di Masa Depan

"Mengapa demikian? Apakah mereka berpikir bahwa pembunuhan tanpa ampun mereka terhadap penduduk sipil Afghanistan dibenarkan, tetapi kecaman atas kebrutalan yang begitu kejam tidak dibenarkan? Kehidupan Afghanistan penting!" serunya.

China menyerukan hal tersebut, tetapi juga meledakkan pelanggaran hak asasi manusia, paling tidak karena telah memenjarakan hingga 2 juta Muslim Uighur di kamp konsentrasi.

“Tindakan Zhao mewakili eskalasi lebih lanjut dalam perang kata-kata antara Canberra dan Beijing, dan ini dalam konteks hubungan bilateral yang memburuk selama beberapa tahun terakhir,” kata Adam Ni dari Pusat Kebijakan China di ibu kota Australia.

“Ini mungkin yang terburuk dalam waktu yang lama - dalam beberapa dekade, sebenarnya.”

Seperti diketahui, Australia menentang kebangkitan China. Dan China tidak suka itu.

Baca Juga: NATO Melihat Kemajuan Militer China Sebagai Ancaman Serius

Australia tidak pernah menyukai meningkatnya pengaruh China di dunia, dan khususnya di wilayahnya.

Misalnya, militer China mulai membangun pulau-pulau buatan di Laut China Selatan untuk menegaskan klaim teritorial atas perairan yang disengketakan.

Australia, sebagai salah satu pemain terkuat di kawasan Asia-Pasifik, tidak terlalu menyukai hal itu.

Agresivitas politik Beijing juga mengganggu Canberra. Pada 2017, Australia melarang semua sumbangan asing untuk kampanye politik setelah laporan menunjukkan China mencoba memengaruhi proses politik negara.

Tahun berikutnya, Australia menjadi negara pertama yang memblokir raksasa telekomunikasi China Huawei dan ZTE dari jaringan 5G-nya.

Hubungan mereka memburuk pada tahun 2020.

Baca Juga: Curiga Keadaan Pemimpin Korea Utara yang Tak Takut Bertemu Banyak Orang Saat Pandemi, Intelijen Jepang Temukan Hal Mengejutkan, Kim Jong Un Telah Disuntik

Australia pada bulan April menyerukan penyelidikan atas penanganan China pada hari-hari awal pandemi virus korona, ketika Beijing mengaburkan bukti dari masalah yang berkembang setelah virus itu berasal dari Wuhan.

China marah, dengan surat kabar Global Times yang dikelola pemerintah pada bulan April menuduh Perdana Menteri Morrison "memukul panda" dan mengecam "petualangan pemerintah Australia untuk bermain-main dengan kemitraan strategis komprehensif yang saling menguntungkan ini bertentangan dengan pemikiran rasional dan akal sehat."

Bulan berikutnya, China membalas dengan memotong impor daging sapi Australia dan memberlakukan tarif pada lebih dari 80 persen impor jelai Australia ke China.

Kemudian pada November, Beijing mengambil langkah lebih jauh dengan memberlakukan tarif hingga 200 persen - itu bukan kesalahan ketik - pada anggur Australia.

Baca Juga: Semakin Gahar, Rusia Kali Ini Disuplai Mesin Perang Seabrek

Beberapa ahli memperkirakan eskalasi perdagangan lebih lanjut, dengan China kemungkinan menargetkan gula Australia, lobster, batu bara, dan bijih tembaga.

Surat kabar Australia minggu ini mengatakan hubungan Canberra-Beijing berada pada titik terendah dalam 50 tahun.

Saat ini tidak ada jalan keluar untuk perselisihan yang meningkat, tetapi jelas Australia tidak senang dengan situasi tersebut.

"Tidak diragukan lagi ada ketegangan antara China dan Australia," kata Morrison dalam pernyataannya hari Senin. "Tapi ini bukan cara Anda menangani mereka."

Namun demikian, pertengkaran terbaru telah menyoroti kenyataan yang tidak menyenangkan bagi Australia: tindakan mengerikan dari beberapa anggota militernya selama perang di Afghanistan.

Baca Juga: Latihan Militer China, PLA Navy Kerahkan Kapal Pendarat Amfibi dan Serangan Marinir

Apa yang dikatakan oleh laporan militer Australia tentang dugaan kejahatan perang

Laporan Brereton yang dirilis pada 10 November, secara resmi berjudul “Laporan Penyelidikan Angkatan Pertahanan Australia,” penuh dengan pengungkapan yang memberatkan.

Tiga secara khusus menonjol dalam 465 halaman dokumen, banyak di antaranya disunting dalam versi publik.

Tuduhan utamanya adalah bahwa 25 anggota pasukan khusus Australia saat ini atau sebelumnya membunuh 39 orang dan "memperlakukan dengan kejam" dua orang lainnya, dalam total 23 insiden di Afghanistan.

"Tak satu pun dari ini adalah insiden keputusan yang dapat disengketakan yang dibuat di bawah tekanan di tengah panasnya pertempuran," tulis laporan itu.

"Kasus-kasus di mana telah ditemukan informasi yang dapat dipercaya tentang kejahatan perang adalah kasus di mana sudah atau seharusnya jelas bahwa orang yang terbunuh adalah non-kombatan."

Baca Juga: Amerika Klaim Seluruh Dunia Akan Geruduk China Jika Berani Menyerang Taiwan

Tuduhan lain adalah bahwa ada budaya dalam pasukan khusus yang bertugas di Afghanistan untuk "menumpahkan darah" kepada perwira yang lebih muda, yang pada dasarnya merupakan bentuk perpeloncoan dan inisiasi yang mengerikan.

"Ada informasi yang dapat dipercaya bahwa tentara junior diminta oleh komandan patroli mereka untuk menembak seorang tahanan, untuk mencapai pembunuhan pertama tentara tersebut, dalam praktik yang dikenal sebagai 'blooding'," jelas laporan itu.

“Ini akan terjadi setelah markas target diamankan, dan warga lokal telah diamankan sebagai 'orang-orang di bawah kendali.' Biasanya, komandan patroli akan membawa seseorang di bawah kendali dan anggota junior, yang kemudian akan diarahkan untuk membunuh orang tersebut. "

Tuduhan besar ketiga, terkait dengan yang kedua, adalah bahwa petugas menempatkan senjata - yang dikenal sebagai "lemparan ke bawah" - pada mayat untuk menjadi bagian dari cerita penutup pembunuhan.

Baca Juga: Laut China Selatan Menegang, Kapal Pendaratan Amfibi dan Rudal Siluman Digenjot China, Mampu Bantai Musuh di Luar Zona Pertahanan

Proses itu “diciptakan untuk tujuan pelaporan operasional dan untuk menangkis pengawasan. Ini diperkuat dengan kode diam, ”bunyi laporan itu.

Jelas, ada masalah budaya yang lebih besar dalam pasukan elit Australia yang bertugas di Afghanistan.

Pada hari Selasa, (1/12/2020), The Guardian Australia mengungkapkan foto tahun 2009 yang sebenarnya menunjukkan seorang tentara yang tidak disebutkan namanya minum dari kaki palsu anggota Taliban yang mati di bar militer resmi di Afghanistan.

Gambar nyata lainnya menunjukkan dua tentara menari dengan kaki yang sama.

Meskipun China mungkin menjadi salah satu pembawa pesan terburuk untuk mengecam perlakuan Australia terhadap warga Afghanistan selama perang, kengerian yang ditunjukkan oleh Beijing sangat, sangat nyata. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Vox, The Guardian

Baca Lainnya