Donald Trump Pernah 'Janji' Akan Minggat dari AS Jika Kalah dari Biden, Pindah ke Mana? Mari Kita Pantau

Minggu, 08 November 2020 | 18:00
whitehouse.gov

Donald Trump

Sosok.ID - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, dikecam karena menuding Joe Biden melakukan kecurangan bahkan sebelum kader dari Partai Demokrat tersebut dinyatakan menang.

Trump yang datang dari Partai Republik mengklaim bahwa dirinya adalah pemenang dalam pemilihan presiden AS.

Ia tidak menerima kekalahan, tanpa dasar menuding Biden melakukan penipuan.

Dalam sosial media Twitternya ia sempat meminta perhitungan suara dihentikan.

Baca Juga: Menolak Kenyataan? Trump Ngotot Pertahankan Klaim sebagai Pemenang Pilpres AS, Meski Faktanya Telah Dikalahkan Joe Biden

Kini Joe Biden telah diumukan sebagai presiden terpilih setelah mengantongi 290 suara elektoral.

Trump hanya mendapatkan 214 suara elektoral.

Namun alih-alih bersikap adil dan menerima kekalahan, Presiden AS ke-45 itu justru makin menolak kemenangan Biden.

Lalu, benarakah Donald Trump akan pergi dari Amerika jika kalah dari Joe Biden?

Dilansir dari The Independent pada 19 Oktober lalu, Donald Trump menyebut dia akan meninggalkan AS jika kalah dalam pemilu.

Baca Juga: Klaim Rajai Hasil Pilpres AS, Trump Sampai Gelar Jumpa Pers, Lokasinya Malah Bikin Netizen Auto Ngakak: Jangan Berkhayal!

Trump mengatakan kepada banyak orang bahwa Biden adalah "kandidat terburuk dalam sejarah pemilihan presiden".

Ia juga menyebut bahwa dirinya tidak dapat menghadapi kemungkinan dikalahkan oleh Biden, seorang mantan Wakil Presiden yang datang dari Partai Demokrat.

Diketahui, Biden pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Barack Obama.

“Bisakah Anda bayangkan jika saya kalah, seumur hidup saya, apa yang akan saya lakukan? Saya akan mengatakan bahwa saya kalah dari kandidat terburuk dalam sejarah politik?" kata Trump.

Baca Juga: Wanita Kulit Hitam Pertama Jadi Wakilnya, Joe Biden Presiden Terpilih Rangkul Pendukung Trump Meski Diserang Tanpa Akal: Saatnya Amerika Sembuh

"Saya tidak akan merasa begitu baik, mungkin saya harus meninggalkan negara ini, saya tidak tahu," tambah Trump, sambil mengundang tawa dari kerumunan.

Sebelumnya Trump tertawa ketika dia meminta Biden dan keluarganya untuk dipenjara.

“Itu adalah keluarga yang korup. 'Kunci mereka.' Anda harus mengunci mereka, mengunci Bidens, mengunci Hillary, mengunci mereka," kata Trump saat kampanye, di mana para pendukungnya menyemangatinya.

Namun faktanya, saat ini Trump telah dikalahkan oleh Biden.

Baca Juga: Sejengkalpun Tak Bakal Tinggalkan Singgasananya, Trump Dikabarkan Membentengi Diri dan Menolak Keluar dari Gedung Putih jika Biden Menang Pemilu AS

Donald Trump secara keliru menyatakan kemenangan pada malam pemilihan dan berjanji untuk pergi ke Mahkamah Agung untuk menghentikan penghitungan suara.

Trump menciptakan ketakutan terburuk orang Amerika bahwa ia akan merusak proses demokrasi.

Sekarang Joe Biden memenangkan pemilu AS, apa yang terjadi jika presiden menolak meninggalkan Gedung Putih?

Trump yang tak terima dengan kemenangan Biden masih bersikeras mengklaim bahwa dia adalah pemenangnya.

Baca Juga: Sama Saja dengan Trump, Biden Klaim Menangkan Pemilihan Meski Suara Masih Dihitung, BedanyaIa Memang Unggul, Republik Tidak

Kader Partai Demokrat Joe Biden telah mempersiapkan pasukan pengacara dan ahli hukum konstitusional untuk melawan tantangan hukum Trump dalam segala hal.

Mulai dari pemungutan suara melalui surat yang diperluas selama pandemi virus corona hingga dugaan kasus penipuan pemilih, yang diklaim Trump tanpa bukti.

Biden bersikeras bahwa pejabat federal "akan mengawal (Trump) dari Gedung Putih dengan pengiriman yang baik" jika dia kalah dalam pemilihan.

Partai Demokrat memimpin atas Trump di negara bagian Pennsylvania dan Nevada untuk pertama kalinya pada hari Sabtu (7/11/2020), memenangkan Gedung Putih.

Baca Juga: Nasib Laut China Selatan Jika Joe Biden Menang, Kebijakan Trump Bakal Diobrak-abrik? 'Konflik Aktual' Akan Segera Datang

Tiga hari setelah pemungutan suara ditutup, Biden memiliki keunggulan 290 hingga 214 dalam pemungutan suara Electoral College di negara-negara bagian yang menentukan pemenang.

Yang mungkin paling mengkhawatirkan tentang ancaman nyata presiden untuk tidak menyerah dalam pemilihan adalah bagaimana negara tersebut tidak memiliki preseden untuk menghadapi skenario semacam itu.

Transisi kekuasaan secara damai adalah fondasi masyarakat Amerika, dan dalam contoh pemilihan yang kontroversial di masa lalu, resolusi telah dibuat jauh sebelum penolakan untuk menyerah.

Pada kesempatan sebelumnya dalam sejarah Amerika Serikat, ketika kepresidenan dengan cara apa pun diperebutkan, kepala calon yang lebih dingin justru menang demi kepentingan transfer kekuasaan secara damai.

Baca Juga: Main Kotor Klaim Sudah Menang, Trump Ngotot Jika Kalah Joe Biden Pasti Lakukan Kecurangan, 'Skenario Kiamat' yang Ditakuti Sedang Terjadi

Richard Nixon mengakui John F Kennedy pada tahun 1960 di tengah beberapa tuduhan kecurangan suara untuk Demokrat, misalnya.

Wakil presiden Al Gore menerima keputusan Mahkamah Agung bahwa George Bush telah memenangkan pemilihan presiden tahun 2000 meskipun ada pertanyaan yang signifikan tentang integritas hasil di Florida.

Paul Quirk, seorang profesor ilmu politik di Universitas British Columbia, dikutip dari The Independent mengatakan bahwa hal itu akan menempatkan penegak hukum dalam posisi yang canggung.

“Pada titik tertentu, pertanyaannya akan menjadi: perintah siapa yang ditaati oleh penegak hukum? Karena itu pada akhirnya akan menjadi masalah penggunaan kekuatan dalam satu arah atau lainnya."

Baca Juga: Suka Tidak Suka, Bagi Indonesia Akan Lebih Menguntungkan Jika Trump Terpilih Kembali, Kenapa?

Konstitusi AS tidak menyebutkan bagaimana seorang presiden harus dicopot jabatannya jika mereka kalah dalam pemilihan dan menolak untuk menyerahkan kekuasaan kepada lawan.

Joshua Sandman, seorang profesor ilmu politik di Universitas New Haven, mengatakan dia tidak berpikir Trump akan menolak untuk meninggalkan jabatannya setelah pemilihan karena itu akan menghancurkan warisan presiden.

Namun, dia menyarankan tekanan kongres dan politik yang intens akan memaksa Trump segera keluar dari jabatannya.

"Garis pertahanan pertama adalah kongres, dan partainya menekan dia keluar, mengatakan kepadanya bahwa dia harus mengundurkan diri atau pergi," kata Sandman.

Baca Juga: Trump Ancam Tinggalkan AS Jika Kalah dalam Pemilu, Sebut Joe Biden Kandidat Capres Terburuk Sepanjang Sejarah

“Jika dia ingin tinggal di Gedung Putih, dia akan tinggal di Gedung Putih. Tapi, sekali lagi, secara hipotetis Anda tidak membutuhkannya. Gedung Putih adalah simbol. Ini bukan kursi kekuasaan," katanya.

Dia menambahkan: “Semua ini, ini semacam karya fiksi ilmiah. Itu semua hanya hipotesis."

Entah Trump akan memenuhi perkataannya untuk keluar dari Amerika atau tidak, yang jelas saat ini, Presiden AS ke-45 tersebut akan mengerahkan segala cara untuk mengklaim kemenangannya yang fana. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : The Independent

Baca Lainnya