Follow Us

Nasib Laut China Selatan Jika Joe Biden Menang, Kebijakan Trump Bakal Diobrak-abrik? 'Konflik Aktual' Akan Segera Datang

Rifka Amalia - Sabtu, 07 November 2020 | 19:15
Presiden China, Xi Jinping saat menghadiri latihan militer di Laut China Selatan pada Kamis (13/4/20

Presiden China, Xi Jinping saat menghadiri latihan militer di Laut China Selatan pada Kamis (13/4/20

Sosok.ID - Laut China Selatan telah menjadi subjek ketakutan konflik dalam beberapa tahun terakhir.

China diketahui makin gencar menyebarkan klaimnya atas wilayah di Laut China Selatan, menimbulkan keresahan akan terjadinya perang.

Amerika Serikat (AS) dan negara-negara yang bersengketa dengan klaim tumpang tindih berusaha menghentikan militerisasi agresif China di wilayah tersebut.

Presiden Donald Trump telah mengirim kapal AS ke perairan yang diperebutkan dalam upaya untuk menghalangi pasukan Beijing.

Baca Juga: Main Kotor Klaim Sudah Menang, Trump Ngotot Jika Kalah Joe Biden Pasti Lakukan Kecurangan, 'Skenario Kiamat' yang Ditakuti Sedang Terjadi

Namun para ahli memperingatkan tindakan AS sebagai hal yang berbahaya, dan dapat menyebabkan konflik yang tidak disengaja dengan China.

Dikutip dari Express.co.uk, dengan pemilihan presiden AS yang semakin dekat, tindakan Amerika di Laut Cina Selatan dapat menjadi tanggung jawab Joe Biden.

Kandidat dari Partai Demokrat tersebut sejauh artikel ini ditulis masih mengungguli Donald Trump dalam perolehan suara elektoral.

Joe Biden mendapatkan 264 suara elektoral, sementara Trump 214.

Baca Juga: Jika Trump atau Biden Tidak Menang, Amerika akan Mencetak Sejarah Mimpi Buruk Pemilu AS, Kekacauan Konstitusi Lebih Ngeri dari Era George Bush Bisa Terjadi

Calon dapat dikatakan menang jika suara elektoral mencapai batas minimal 270.

The New York Times bulan lalu melaporkan bahwa ada risiko peningkatan permusuhan mengingat retorika China baru-baru ini.

Source : Express.co.uk

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest