Terseok-seok Taiwan Diimingi AS Stabilitas Keamanan malah Jadi 'Sapi Perah', Trump Bakal Gerus China dengan Langkah Lebih Ekstrim dan Ofensif Jika Biden Terpilih

Rabu, 28 Oktober 2020 | 16:42
Goldwater via Intisari.ID

China VS Amerika

Sosok.ID - China menilai penjualan senjata AS ke Taiwan bersifat melanggar prinsip satu-China dan tiga komunike.

Dilansir dari Global Times, prinsip itu ditandatangani kedua negara pada 17 Agustus 1982.

"Pemerintah AS tidak berusaha melaksanakan kebijakan penjualan senjata jangka panjang ke Taiwan, bahwa penjualan senjatanya ke Taiwan tidak akan melebihi, baik secara kualitatif atau kuantitatif," bunyi tiga komunike 1982.

China tampak resah dengan ulah AS yang dinilai melanggar janji, namun juga menyoroti bahwa Taiwan sebenarnya digunakan AS sebagai 'pabrik uang'.

Baca Juga: Sok Jadi Pahlawan di Tengah Gejolak Perang dengan China, AS Rupanya Cuma Jadikan Taiwan Mesin Uang, Jual Senjata Kualitas Pas-pasan?

AS sebenarnya memiliki senjata berupa rudal anti-kapal yang lebih canggih dengan kemampuan siluman, tetapi tidak akan dijual kepada Taiwan.

Meski demikian, lebih banyak penjualan senjata berarti lebih banyak bahaya yang akan dihadapi China.

Li Haidong, seorang profesor di Institut Hubungan Internasional Universitas Urusan Luar Negeri China, mengatakan pada hari Selasa (27/10) bahwa AS dapat membuat penyesuaian pada kebijakan China jika Trump gagal dipilih kembali dalam Pilpres melawan Joe Biden.

Tetapi sebelum transisi kekuasaan formal dilakukan pada Januari 2021, pemerintahan Trump juga dapat membuat langkah yang lebih ekstrim dan ofensif, yang "tidak akan ditolerir oleh China."

Baca Juga: Paket Senjata Mematikan Dikirim AS untuk Taiwan, China Umumkan Sanksi untuk Perusahaan Jet Tempur Raksasa: Kami Mengutuk Keras Penjualan!

Mentalitas perang dingin dinilai telah mendorong para pembuat kebijakan AS untuk menahan China.

AS mampu meraup keuntungan besar atas penjualan senjata ke Taiwan.

Diketahui kongres AS telah mengeluarkan serangkaian tindakan dalam beberapa tahun terakhir yang memberi wewenang kepada pemerintah AS untuk menormalkan penjualan senjata ke Taiwan.

Negeri Panda menyebut itu adalah tindakan ilegal menurut hukum internasional karena merusak kedaulatan China.

Baca Juga: AS yang Berulah Taiwan Kena Getah, China Ancam Kirim Jet Tempurnya ke ADIZ, Sesumbar Nasib Taipe Sudah di Tepi Jurang

Meskipun Biden dan Demokrat mendapatkan kekuasaan pada pemilihan umum November mendatang, AS akan tetap menjual senjata ke Taiwan, kata Song Zhongping.

Chang Ya-chung, seorang profesor di "Universitas Nasional Taiwan" yang berbasis di Taipei dan anggota partai oposisi pulau KMT, dikutip dari Global Times mengatakan bahwa AS selalu menggunakan konflik atau ketegangan militer antara lain untuk mendapatkan uang.

Timur Tengah dan Eropa, dan penjualan senjata ke pulau Taiwan adalah trik lama yang sama.

"Meskipun politisi AS selalu mengatakan penjualan senjata dapat memperkuat stabilitas kawasan, faktanya adalah bahwa lebih banyak penjualan senjata AS akan mengurangi rasa saling percaya antara Taiwan dan daratan China."

Baca Juga: Bak Harga Dirinya Diinjak-injak Oleh Militer AS, China Ungkap Segera Kirim Jet Tempur Untuk Hancurkan Taiwan, Ada Apa?

"Ini menimbulkan lebih banyak latihan militer oleh PLA, dan daratan akan meningkat masukannya untuk lebih memperbesar keuntungan militernya atas pulau itu, "kata Chang.

Sebelumnya penasihat keamanan nasional AS Robert O'Brien kepada otoritas DPP Taiwan menyarankan agar AS mempersenjatai Taiwan seperti "landak" dengan beberapa senjata ofensif buatan AS.

Jika penjualan senjata AS dapat membuat Taiwan menjadi "landak" yang secara efektif dapat meningkatkan kesulitan untuk reunifikasi, China daratan mungkin memutuskan untuk menyelesaikan masalah sebelum Taiwan benar-benar berubah menjadi landak, lanjut Chang.

Dia mengatakan bahwa "penjualan senjata itu melayani kepentingan AS alih-alih keamanan Taiwan, dan peningkatan penjualan senjata akan membuat pulau itu semakin dekat ke ambang perang."

Baca Juga: Platform Pengintaian Paling Canggih di Dunia Milik AS Terbang di Langit Taiwan, Amerika 'Sembunyi' Tapi China Punya Bukti!

Chiu Yi, seorang komentator politik di pulau Taiwan, meramalkan bahwa PLA dapat menggunakan kekuatan dengan tujuan untuk memaksa Taiwan menyerah dan membawanya ke meja perundingan, dan waktu terbaik untuk penyatuan demi kekuatan mungkin tahun depan.

Sanksi untuk pencegahan

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengumumkan pada konferensi pers rutin pada hari Senin bahwa China akan memberikan sanksi kepada perusahaan-perusahaan AS yang menjual senjata ke Taiwan.

Beberapa perusahaan yang disasar yakni termasuk Lockheed Martin, Boeing Defense, Raytheon serta individu dan entitas yang terlibat dalam penjualan senjata ke pulau Taiwan.

Sanksi itu datang sebagai tanggapan atas penjualan senjata AS yang baru-baru ini disetujui ke Taiwan pada 21 Oktober, yang bisa memiliki nilai total $ 1,81 miliar, kata Zhao.

Baca Juga: Gelontorkan Rp 26,4 Triliun untuk Borong Senjata dari AS, Taiwan Tegaskan Tak Punya Niat Saingi Kekuatan Militer China

Semua perusahaan AS ini memiliki bisnis langsung atau tidak langsung di China daratan, sehingga sanksi akan menutup pintu ke pasar yang paling stabil dan menguntungkan bagi perusahaan-perusahaan ini.

China menegaskan ini adalah harga yang harus mereka bayar karena mencampuri masalah Taiwan.

Apakah langkah ini dapat menghalangi tindakan AS atau tidak, China daratan harus tetap melakukannya untuk menunjukkan tekadnya dalam menjaga kepentingan inti dan kedaulatannya, kata para ahli.

"Misalnya, Sikorsky Aircraft Corporation, yang dimiliki oleh Lockheed Martin, bekerja sama dengan China dalam hal helikopter untuk penggunaan sipil, dan Lockheed Martin juga memiliki kepentingan dalam beberapa proyek tenaga nuklir di China.

Baca Juga: AS dan Taiwan Kongkalikong Sistem Senjata Mematikan, China Ngamuk Musuhnya Dibantuhingga Niat Balas Dendam: Kalian Salah Langkah!

"Raytheon dan anak perusahaannya melakukan bisnis di China dalam industri mobil. Boeing memiliki kerja sama yang lebih luas dengan China di bidang penerbangan, "kata Song, mencatat bahwa semua bisnis ini dapat terkena dampak.

Song mengatakan sanksi yang diumumkan oleh China daratan merupakan tanda bagi perusahaan AS lainnya dan perusahaan dari negara lain menikmati keuntungan dari pasar China daratan.

"Ketiga perusahaan AS itu adalah contoh dari apa yang akan terjadi jika mereka berani melakukan penjualan senjata ke Taiwan." (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Global Times

Baca Lainnya