Bertekad Bulat-bulat, China Genjot PLA agar Setara Militer AS di Tahun 2027, Xi Jinping Dikhawatirkan Seumur Hidup Jadi Presiden

Senin, 02 November 2020 | 14:42
Xinhua

Presiden China, Xi Jinping

Sosok.ID - Partai KomunisChina(CPC) mengumumkan rencana untuk membuat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) setara dengan militer AS.

Dikutip dari The Economic Times, Senin (2/11/2020), laporan media setempat menyebutkan bahwa CPC telah menyelesaikan rencana untuk membangun militer modern sepenuhnya yang setara dengan AS pada tahun 2027.

Di tahun tersebut, yang menandai seratus tahun berdirinya PLA, Tiongkok akan membangun militer yang sepenuhnya modern.

Ini merupakan sebuah tujuan yang sejalan dengan kekuatan nasional, dan akan memenuhi kebutuhan pertahanan nasional di masa depan, lapor Global Times mengutip pernyataan analis China yang mengatakan pada hari Sabtu (31/10).

Baca Juga: Bualan Perang vs China Sia-sia, Senjata Militer Taiwan Sudah Ringsek, Eks Mayor Jenderal Kesal: Mau Perang Pakai Sapu? Beli dari AS Tak Ada Gunanya!

Sidang Pleno BPK yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping mengadakan pertemuan empat hari mengadopsi proposalnya untuk perumusan Rencana Lima Tahun ke-14 (2021-2025) untuk Pembangunan Ekonomi dan Sosial Nasional dan Tujuan Jangka Panjang Melalui Tahun 2035.

Rencana Lima Tahun ke-14 itu mengagendakan perombakan besar-besaran pasar domestik China untuk meningkatkan konsumsi guna mengurangi ketergantungan Beijing pada pasar ekspor yang menyusut.

Adapun Xi Jinping memiliki Visi 2035 yang memvisualkan rencana jangka panjang, mencerminkan visi pengembangan termasuk militer.

Secara politis, rencana Visi 2035 Xi telah memicu spekulasi bahwa ia dapat terus berkuasa selama 15 tahun ke depan.

Baca Juga: Janji-janji AS Bertebaran di 5 Negara Asia, Saat Tiba di Indonesia Iming-iming Bakal Tingkatkan Investasi, Takut Kalah dari China?

Xi Jinpng, yang saat ini berusia 67 tahun, telah muncul sebagai pemimpin paling kuat dari Partai Komunis Tiongkok setelah pendirinya Mao Zedong, memegang posisi Sekretaris Jenderal BPK, kepala militer selain kepresidenan dengan prospek masa jabatan seumur hidup.

Amandemen konstitusi pada 2018 telah menghapus batas masa jabatan dua-lima tahun untuk Presiden, yang akan memungkinkan Xi untuk terus berkuasa seumur hidup.

Masa jabatan kedua Xi Jinping sebagai presiden sejatinya akan berakhir pada tahun 2022.

Menurut Komunike sidang paripurna kelima Komite Sentral BPK ke-19 yang dirilis pada hari Kamis, kemampuan pertahanan nasional dan kekuatan ekonomi China harus diperkuat pada saat yang sama dan mencapai tujuan seratus tahun membangun militer modern pada tahun 2027.

Baca Juga: Upaya Jegal Kaki China Terus Jalan, Beijing Gemetar AS Dorong Sayap Kanan Radikal Jepang Terlibat Perang di Diaoyu

Pertemuan yang dipimpin oleh Xi telah menetapkan tujuan baru untuk mengubah PLA menjadi kekuatan militer modern pada tahun 2027.

Pada saat itu, China bertujuan untuk membangun tentara yang setara dengan AS, lapor media South China Morning Post yang berbasis di Hong Kong.

Dengan tujuan seratus tahun membangun militer modern pada tahun 2027, Tiongkok bertujuan untuk mengembangkan militer dengan kemampuan untuk mempertahankan kedaulatan nasional.

Tujuan lain Beijing yakni melindungi dari ancaman keamanan yang ditimbulkan oleh hegemonisme di kawasan pasifik barat.

Baca Juga: Terseok-seok Taiwan Diimingi AS Stabilitas Keamanan malah Jadi 'Sapi Perah', Trump Bakal Gerus China dengan Langkah Lebih Ekstrim dan Ofensif Jika Biden Terpilih

Juga melindungi kepentingan pembangunan luar negeri seiring dengan pertumbuhan ekonomi luar negeri Tiongkok, ungkap Li Jie, seorang ahli angkatan laut yang berbasis di Beijing, mengatakan kepada Global Times.

"Target seratus tahun sejalan dengan kekuatan nasional," kata Song Zhongping, pakar militer China dan komentator TV, kepada media tersebut.

Analis militer Hong Kong Song Zhongping mengatakan kepada Post bahwa tujuan seratus tahun baru dapat diartikan sebagai "menempatkan PLA sebagai kekuatan modern terkemuka di dunia, yang dapat setara dengan tentara AS".

Sunfei Wu, wakil kepala think tank Hong Kong Tianda Institute mengatakan, ini adalah pertama kalinya para pemimpin China memasukkan militer dalam tujuan pembangunan tersebut. Dia mengatakan sasaran itu terutama ditujukan ke Taiwan.

Baca Juga: Sok Jadi Pahlawan di Tengah Gejolak Perang dengan China, AS Rupanya Cuma Jadikan Taiwan Mesin Uang, Jual Senjata Kualitas Pas-pasan?

“Pada dasarnya targetnya adalah membangun kemampuan PLA untuk menandingi tentara AS pada 2027, sehingga secara efektif dapat menangkal campur tangan Angkatan Darat AS di sekitar Selat Taiwan,” ujarnya.

Julian Gewirtz, seorang rekan senior untuk studi China di Council for Foreign Relation mengatakan, dimasukkannya tujuan jangka panjang ini penting, "meskipun sulit untuk mengatakan itu berarti Xi pasti akan memerintah sampai saat itu".

“Penting untuk diperhatikan bahwa Pleno ini tidak hanya membahas rencana lima tahun ke depan,” lanjutnya.

“Ini juga membangun visi untuk 2035, yang mencakup kemandirian teknologi yang lebih besar dan tujuan lain untuk pembangunan ekonomi dan sosial.

Baca Juga: Rongrong Jagat Raya, Bisa Tidak Bisa Tiongkok Tekad Dominasi Dunia di Tahun 2049, AS Gerah: Pencuri! Apa-apa Jatuh di Tangan China

Mengapa 2035? Jawaban mudahnya adalah bahwa ini adalah titik tengah antara 'dua tujuan seratus tahun' di tahun 2021 dan 2049.

"Apakah Xi berkuasa atau tidak hingga 2035, ini memberikan kerangka jangka menengah untuk tindakan yang sedang berlangsung, terutama karena beberapa tahun ke depan kemungkinan akan tetap sangat menantang bagi China," katanya.

Untuk diketahui, Partai Komunis Tiongkok berencana mengembangkan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) menjadi “militer kelas dunia” pada tahun 2049. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : The Economic Times

Baca Lainnya