Follow Us

Sok Jadi Pahlawan di Tengah Gejolak Perang dengan China, AS Rupanya Cuma Jadikan Taiwan Mesin Uang, Jual Senjata Kualitas Pas-pasan?

Rifka Amalia - Rabu, 28 Oktober 2020 | 14:42
Tentara ditugaskan ke brigade senjata gabungan di bawah Angkatan Darat Grup 76 PLA menggunakan bom asap selama latihan pertempuran nyata pada 26 September 2020.
China Military

Tentara ditugaskan ke brigade senjata gabungan di bawah Angkatan Darat Grup 76 PLA menggunakan bom asap selama latihan pertempuran nyata pada 26 September 2020.

Sosok.ID - China dengan keras mengutuk Amerika Serikat (AS) karena menjual senjata canggih ke Taiwan.

Beijing menganggap penjualan senjata AS ke Taiwan sangat melanggar prinsip satu-China dan tiga komunike yang ditandatangani China dan AS pada 17 Agustus 1982, kata Wang.

China mengancam pada hari Senin (26/10/2020) bahwa pihaknya akan memberikan sanksi terhadap perusahaan industri militer AS dan individu yang terlibat dalam penjualan senjata ke Taiwan.

Namun setelah ancaman itu AS justru mengumumkan rencana untuk putaran baru penjualan senjata kepada otoritas Taiwan yang separatis dengan rudal Harpoon ofensif yang dapat menyerang daratan China.

Baca Juga: Paket Senjata Mematikan Dikirim AS untuk Taiwan, China Umumkan Sanksi untuk Perusahaan Jet Tempur Raksasa: Kami Mengutuk Keras Penjualan!

Dikutip dari Global Times, Rabu (28/10/2020), pakar daratan China memperingatkan bahwa meskipun rudal ini tidak dapat mengancam Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) secara efektif, namun ini adalah provokasi yang lebih besar daripada di masa lalu.

China mendesak AS untuk menghentikan dan membatalkan rencana penjualan senjata yang relevan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada hubungan China-AS.

Hal itu disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin pada konferensi pers rutin hari Selasa, mencatat bahwa "China akan mengambil tindakan yang sah dan perlu untuk menjaga kedaulatan dan kepentingan keamanannya dengan tekad yang kuat."

Apakah sanksi tersebut dapat secara efektif menghentikan langkah AS atau tidak, China tetap harus menunjukkan tekadnya untuk menjaga niatnya dalam konflik dengan Taiwan.

Baca Juga: AS yang Berulah Taiwan Kena Getah, China Ancam Kirim Jet Tempurnya ke ADIZ, Sesumbar Nasib Taipe Sudah di Tepi Jurang

Mereka tak mengizinkan negara lain mengusik klaimnya atas wilayah Taiwan, negara yang diklaim Tsai-Ing Wen berpemerintahan sendiri.

Bagi Taiwan, lebih banyak penjualan senjata tidak akan membawa keamanan, tetapi akan membuatnya semakin dekat ke ambang perang, kata para ahli.

Source : Global Times

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest