Paket Senjata Mematikan Dikirim AS untuk Taiwan, China Umumkan Sanksi untuk Perusahaan Jet Tempur Raksasa: Kami Mengutuk Keras Penjualan!

Selasa, 27 Oktober 2020 | 15:00
rosoboronexport

Ilustrasi - F-16, salah satu senjata mematikan yang dijual AS untuk Taiwan.

Sosok.ID - Kementerian Luar Negeri China mengumumkan akan memberi sanksi kepada beberapa perusahaan pertahanan besar Amerika Serikat (AS).

Ini adalah akibat atas penjualan senjata AS bernilai miliaran dolar ke Taiwan.

Dikutip dari The Guardian, Selasa (27/10/2020), beberapa produsen pesawat yang disasar China yakni Lockheed Martin, Boeing Defense, Space & Security dan Raytheon.

Perusahaan-perusahaan tersebut dikatakan menjadi target sanksi oleh China.

Baca Juga: AS yang Berulah Taiwan Kena Getah, China Ancam Kirim Jet Tempurnya ke ADIZ, Sesumbar Nasib Taipe Sudah di Tepi Jurang

Sanksi juga bakal diberikan kepada "individu dan entitas AS yang memainkan peran mengerikan," ungkap juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian pada konferensi pers reguler pada hari Senin.

Sayangnya Zhao Lijian tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Wacana pemberian sanksi ini terjadi sebagai tanggapan atas konfirmasi penjualan senjata AS yang kesembilan ke Taiwan.

Taiwan, sebuah negara demokrasi berpemerintahan sendiri, dianggap Beijing sebagai provinsi di bawah prinsip satu-China.

Baca Juga: Terlalu Nekat dan Bisa Picu Perang, AS Kirim Pesawat Mata-mata Untuk Incar Armada China, Tiongkok Ancam Bila Satu Tembakan Terlepas Perang Dunia 3 Dimulai!

Diketahui Beijing saat ini berupaya untuk merebut kembali kendali Taiwan dengan paksa.

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengonfirmasi pembelian $ 2,37 miliar dari Sistem Pertahanan Pesisir Harpoon buatan Boeing, berdasarkan Undang-Undang Hubungan Taiwan 1979 AS, yang mendefinisikan hubungan antara kedua pemerintah dan mengamanatkan penyediaan bahan dan layanan pertahanan ke Taiwan.

Hal ini mengikuti persetujuan minggu lalu dari penjualan paket senjata senilai $ 1,8 miliar, termasuk rudal, artileri roket, sensor pengintaian udara, dan penjualan 66 jet tempur F-16 pada bulan Agustus.

Lockheed Martin mengatakan penjualan senjata asing adalah "transaksi antar pemerintah" dan semua penjualan internasionalnya "diatur secara ketat oleh pemerintah AS". Dikatakan bahwa kehadirannya di China terbatas.

Baca Juga: 300 Kapal China Nyolong dan Nyelonong di Perairan yang Bukan Miliknya hingga Resahkan Warga: Armada Mereka Memperkosa Kami

Juru bicara Boeing memaparkan perusahaan tetap berkomitmen pada kemitraannya dengan komunitas penerbangan China.

Zhao meminta AS untuk berhenti menjual senjata ke Taiwan.

“Penjualan senjata AS ke Taiwan sangat melanggar prinsip satu-China dan tiga komunike bersama China-AS, dan secara serius merusak kedaulatan dan kepentingan keamanan China. China dengan tegas menentang dan mengutuk keras,” ujarnya.

"Kami akan terus mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga kedaulatan nasional dan kepentingan keamanan."

Baca Juga: Platform Pengintaian Paling Canggih di Dunia Milik AS Terbang di Langit Taiwan, Amerika 'Sembunyi' Tapi China Punya Bukti!

Tiga komunike China-AS ditandatangani ketika AS memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan untuk mengakui Republik Rakyat China lebih dari empat dekade lalu.

AS tidak secara resmi mengakui klaim Beijing atas Taiwan, dan kabel era Reagan yang baru-baru ini dideklasifikasi merinci jaminan keamanan yang diberikan pada saat yang sama, berkomitmen untuk melanjutkan penjualan senjata dengan Taiwan tanpa konsultasi Beijing.

Hubungan AS dengan Taiwan telah tumbuh karena hubungan Trump yang memburuk dengan Beijing.

Tahun ini AS telah mengirim dua delegasi pemerintah ke Taiwan, yang memicu ancaman tindakan balasan dari China.

Baca Juga: Bak Harga Dirinya Diinjak-injak Oleh Militer AS, China Ungkap Segera Kirim Jet Tempur Untuk Hancurkan Taiwan, Ada Apa?

Washington menyesuaikan kebijakan satu China sebagai tanggapan atas "meningkatnya ancaman yang ditimbulkan oleh Beijing terhadap perdamaian dan stabilitas di kawasan" dan penargetannya ke Taiwan.

Kementerian luar negeri Taiwan menyambut baik penjualan pertahanan tersebut dan berkata: "Dalam menghadapi ekspansi dan provokasi militer China, Taiwan akan terus memperkuat modernisasi kemampuan pertahanannya dan mempercepat peningkatan kemampuan asimetrisnya untuk menjaga perdamaian dan stabilitas regional."

Taiwan sedang membangun kemampuan pertahanannya untuk mencegah kemungkinan konflik lintas selat dengan China.

Baca Juga: Gelontorkan Rp 26,4 Triliun untuk Borong Senjata dari AS, Taiwan Tegaskan Tak Punya Niat Saingi Kekuatan Militer China

Sementara China telah menghabiskan lebih dari $ 1 miliar tahun ini untuk jet-jet acak demi menanggapi peningkatan latihan militer China dan serangan mendadak di atas apa yang disebut "garis tengah" di Selat Taiwan.

Dr Ou Si-fu, wakil presiden think tank pertahanan Taiwan, Institute for National Defense and Security Research, mengatakan Taiwan tidak akan menerima bahan pertahanan selama bertahun-tahun.

Ia menyebut militer membutuhkan waktu untuk melatih personelnya dan dalam beberapa kasus membangun infrastruktur untuk menampung aset-asetnya. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : The Guardian

Baca Lainnya