Cuma Indonesia yang Berani Lakukan Ini, Jika Ogah Dipecundangi AS dan China, ASEAN Perlu Ikuti Langkah RI

Selasa, 27 Oktober 2020 | 19:42
PRESIDENTIAL PALACE/Agus Suparto

Presiden Joko Widodo meninjau kawasan perairan Natuna dari atas KRI Imam Bonjol, Kamis (23/6/2016)

Sosok.ID - Asia Times menilai, Indonesia bisa menjadi yang terdepan, namun status non-bloknya akan diuji dengan berat.

Media itu menyebut kunjungan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo yang akan datang adalah untuk membahas bagaimana Indonesia dan AS dapat bekerja sama menuju "Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," konstruksi AS untuk menahan "ancaman China."

AS telah mendesak banyak negara Asia Tenggara untuk bergabung dalam upayanya menahan China secara politik dan militer.

Indonesia, pemimpin de facto dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa (PBB) Asia Tenggara, dapat menunjukkan jalan bagi anggota blok lainnya dalam menghadapi rayuan dua negara adidaya itu.

Baca Juga: Trump Gencar Sebarkan Paham Anti China Jelang Pilpres, Indonesia Jadi Pemberhentian Terakhir, India Dipepet Meski Sempat Dikatai 'Kotor'

Jalan yang perlu dilakukan adalah dengan "mengatakan tidak" untuk permintaan dari AS dan China yang dinilai bertentangan dengan kepentingannya.

Diketahui, Indonesia baru-baru ini dengan tegas menolak permintaan AS untuk mengisi bahan bakar dan melayani pesawat pengumpul intelijen Amerika yang menargetkan China.

Ini sesuai dengan kebijakan non-blok Jakarta dan keinginannya untuk tetap netral dalam perjuangan AS-China untuk dominasi regional.

Bukan hanya kepada AS, Indonesia juga telah mengatakan "tidak" kepada China.

Baca Juga: Lonjakan Pesawat Pengintai AS BikinXi Jinping Gelisah, Negara Donald Trump: Itu Sepadan dengan Serakahnya Klaim China Atas Banyak Lautan

Pada Desember 2019, ketika 63 kapal nelayan Tiongkok disertai tiga kapal Penjaga Pantai memasuki zona ekonomi eksklusif (ZEE) yang diklaim Indonesia di lepas Natuna, Jakarta melakukan protes keras dan bahkan mengirim kapal perang dan jet tempur ke daerah tersebut.

Indonesia juga telah menolak klaim China atas hak-hak tertentu di ZEE Indonesia serta tawaran Beijing untuk membahas masalah tersebut, dengan mengatakan tidak ada yang perlu dibahas karena klaim China tidak valid.

Dengan tegas, Indonesia selalu mengatakan "tidak" sebagai upaya enggan terlibat dalam pertempuran AS dan China.

Tekanan terbaru dari AS datang ketika Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berusaha merayu banyak negara untuk melawan China.

Baca Juga: China Nyolot Ancaman Apapun Tak Akan Buat Militernya Gemetar, Xi Jinping: Perang dan Kekerasan Harus Dilakukan!

AS seolah mengatakan "kamu bersama kami atau melawan kami."

Baik secara diplomatis maupun militer, China telah menanggapi AS dengan lebih intens.

AS menerbangkan ribuan misi intelijen, pengawasan, dan pengintaian (ISR) setiap tahun di Laut China Selatan dan di sepanjang pantai China. Probe ini meningkat tajam tahun ini, dengan 36 pengintaian di bulan Mei, 49 di bulan Juni dan 67 di bulan Juli.

Beberapa terbang keluar dari Filipina dan Singapura. Sementara Malaysia juga telah menawarkan akses untuk mengisi bahan bakar pesawat mata-mata AS di Labuan.

Baca Juga: AS dan Taiwan Kongkalikong Sistem Senjata Mematikan, China Ngamuk Musuhnya Dibantuhingga Niat Balas Dendam: Kalian Salah Langkah!

Terlepas dari beberapa penolakan, negara-negara itu dinilai sejalan di mata China dan karenanya merupakan target potensial dalam konflik militer AS-China.

Di sisi lain, Taiwan secara teratur mengumpulkan intelijen udara di Laut Cina Timur dan Selatan.

AS juga mempertimbangkan untuk memasok Vietnam dengan pesawat ISR yang kemungkinan akan digunakan Hanoi untuk memantau aktivitas China dan membagikan hasilnya.

Pesawat luar angkasa ISR ini menyelidiki pertahanan China di fitur-fitur yang diduduki di Laut China Selatan dan di sepanjang pantainya untuk mencari kelemahan.

Baca Juga: China 'Olok-olok' AS Kelewat PD, Indonesia Jadi Negara ASEAN Pertama yang Tegas Tolak Kunjungan Pesawat Mata-mata: Kami Ogah Ditipu!

Beberapa dari mereka menargetkan kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir China yang berbasis di Yulin di Hainan dan mencoba bersembunyi di dalam Laut China Selatan.

Menurut South China Sea Strategic Situation Probing Initiative (SCSPI) Universitas Peking, pesawat intelijen elektronik Angkatan Udara AS telah menggunakan kode identifikasi yang ditetapkan untuk pesawat sipil Malaysia dan Filipina.

Jika benar, ini adalah praktik yang tidak aman dan melanggar norma internasional. Ini juga membuat Filipina dan Malaysia berada dalam kebingungan.

Penasihat Keamanan Nasional Filipina Hermogenes Esperon Jr khawatir insiden itu bisa "memberatkan" Manila dan meminta penjelasan dari Kedutaan Besar AS.

Baca Juga: Cari Pasukan? Melawat ke India, Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia, AS Bicarakan Soal Masalah-masalah yang Ditimbulkan China

Fasilitasi penyelidikan intelijen AS terhadap China hanya akan membuat negara-negara ini semakin terpecah belah.

Misalnya, Malaysia mencoba melakukan lindung nilai secara militer antara keduanya dengan mengizinkan kapal selam China dan pengawalnya mengisi bahan bakar di Pangkalan Angkatan Laut Sepanggar di Sabah.

Dikatakan itu adalah prosedur internasional standar untuk menyambut kunjungan kapal angkatan laut asing "berdasarkan permintaan masing-masing negara dan izin diplomatik."

Dalam gambaran yang lebih besar, AS sedang mencoba untuk memperluas dan meningkatkan perimeter penahanan China dan jaringan pengumpulan intelijen terkait di atas laut yang berbatasan dengan perut China yang rentan.

Baca Juga: Capek-capek Lobi Jokowi agar Diizinkan Mampir Isi Bahan Bakar, Indonesia Tegas! Ogah Tanahnya Diinjak Pesawat Mata-mata P-8 Poseidon AS

Filipina dan Thailand masih menjadi sekutu AS dan memfasilitasi strategi AS dengan menyediakan “tempat” bagi aset militer AS.

Adapun pangkalan Angkatan Udara Kerajaan Thailand adalah elemen penting dalam strategi "posisi maju" Pentagon.

Meskipun ada perjanjian yang saling bertentangan antara AS dan Filipina, ada kehadiran militer AS yang terus berlanjut di lima pangkalan di sana, termasuk beberapa di dekat Laut China Selatan.

Pangkalan Angkatan Udara Kerajaan Butterworth Malaysia juga digunakan oleh sekutu AS, Australia dan merupakan markas besar Sistem Pertahanan Area Terpadu Pengaturan Pertahanan Lima. Pengaturan ini juga mencakup sekutu AS, Inggris, dan Singapura.

Baca Juga: Diundang kePentagon, PrabowoBanjir Kecaman Amnesti Internasional dan 6 Kelompok HAM atas Tragedi98 serta Perang Timor Timur

Dalam konteks ini, bukan kebetulan bahwa sekutu AS lainnya, Jepang, meningkatkan hubungan pertahanannya dengan Vietnam dan Indonesia.

AS juga membuat kemajuan dengan India non-blok terkait Laut Cina Selatan.

India telah mengizinkan AS untuk mengisi bahan bakar dan mendapatkan dukungan logistik untuk Poseidon P8 bersenjata di Port Blair di Kepulauan Andaman. Tidak jelas apakah ini hanya satu kali atau awal pola.

Sekarang AS bersandar pada Indonesia untuk bergabung dengan klub penahanan anti-China ini.

Baca Juga: Selama 20 Tahun Dilarang Injakkan Kaki di Amerika, Prabowo Kini Dipepet Negeri Paman Sam Usai Boikot Indiviunya Dicabut, Rupanya Ini Tujuan AS

Sebagai indikasi perlunya mitra dalam upaya ini, ia membebaskan pelarangan Menteri Pertahanan Probowo Subianto atas pelanggaran hak asasi manusia (HAM) dengan mengundangnya ke Washington untuk membahas kerja sama pertahanan.

Namun permintaan Washington ke Jakarta terkait pesawat mata-mata AS adalah ide yang buruk karena membuka pintu bagi Indonesia untuk memberi contoh bagaimana menghadapi kekuatan besar.

Greg Poling, seorang "ahli" tentang Laut China Selatan di Pusat Kajian Strategis dan Internasional yang berbasis di Washington, mengatakan permintaan itu adalah "indikasi betapa sedikit orang di pemerintah AS yang memahami Indonesia."

Baca Juga: Laut China Selatan Berpotensi Perang, Prabowo dan Retno Marsudi Tegaskan Indonesia Ogah Terlibat Baku Hantam!

Ada sinyal yang jelas bahwa Indonesia akan menolak permintaan AS untuk membantu militernya, terutama jika melibatkan pasukan atau aset di wilayahnya.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pernah berkata, "Kami tidak ingin terjebak oleh persaingan AS-China."

Terlepas dari profesi netralitas Indonesia terkait perjuangan AS-China untuk mendominasi kawasan, beberapa anggota ASEAN pada dasarnya membantu dan bersekongkol dengan AS dalam upayanya untuk menahan China.

Hal ini menjadi alasan mengapa Asia Times menyarankan agar negara-negara ASEAN lain mengikuti jejak Indonesia, yakni menolak dengan tegas terlibat dalam pertempuran AS dan China. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Asia Times

Baca Lainnya