Follow Us

Gelontorkan Rp 26,4 Triliun untuk Borong Senjata dari AS, Taiwan Tegaskan Tak Punya Niat Saingi Kekuatan Militer China

Dwi Nur Mashitoh - Sabtu, 24 Oktober 2020 | 08:13
Taiwan borong alutsista dari Amerika.
Navy Times

Taiwan borong alutsista dari Amerika.

Sosok.ID - Belakangan Taiwan tengah menjadi sorotan internasional.

Hal itu tak terlepas dari hubungannya dengan China.

Ya, akhir-akhir ini hubungan antara China dan Taiwan sedang tak baik.

Baru-baru ini Taiwan menyatakan tidak ingin berlomba senjata dengan China, meski sedang berupaya meningkatkan kekuatan militernya dengan membeli Rp 26,4 triliun persenjata dari Amerika Serikat ( AS).

Baca Juga: Kekuatan Militernya Jelas-jelas Kalah Telak Dibandingkan dengan China, Tapi Taiwan Diprediksi Bisa Kalahkan Tiongkok Bila Perang Terjadi, Begini Caranya

Menteri Pertahanan Yen De-fa mengatakan pada Kamis (22/10/2020) bahwa Taiwan hanya membutuhkan kemampuan tempur yang kredibel, seperti yang dilansir dari Reuters.

Hal itu disampaikan Yen setelah Amerika Serikat menyetujui potensi penjualan senjata senilai 1,8 miliar dollar AS (Rp 26,4 triliun) ke Taiwan, pulau yang diklaim sebagai wilayah China.

Beijing telah menerapkan tekanan yang meningkat pada Taiwan, untuk menerima kedaulatan China di tanah itu, dengan cara menerbangkan jet tempur melintasi garis tengah Selat Taiwan yang sensitif, yang biasanya berfungsi sebagai penyangga batas wilayah tidak resmi.

Paket senjata AS yang akan dikirim ke Taiwan, meliputi sensor, rudal, dan artileri.

Baca Juga: Harus Siap Mati, Tentara China Sudah Disiapkan untuk Bertempur Sampai Darah Penghabisan Walaupun Belum Tentu Bakal Pecah Perang dengan Negara Lain

Selanjutnya, kongres AS berharap dapat mendistribusikan drone yang dibuat oleh General Atomics dan rudal anti-kapal Harpoon berbasis darat, yang dibuat oleh Boeing Co, untuk berfungsi sebagai rudal jelajah pertahanan pantai.

Source : Kompas.com

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest