Dikenal Sebagai Salah Satu Pasukan Elite Dunia, Prajurit Kopassus Pernah Tak Berkutik Saat Dikepung Suku Pedalaman di Papua Hingga AK-47 Mereka Tak Berdaya

Minggu, 25 Oktober 2020 | 17:13
via tribun-timur.com

Sat-81 Kopassus.

Sosok.ID- Hampir semua unit militer dalam suatu negara memiliki pasukan elite yang patut dibanggakan.

Indonesia pun memiliki pasukan elite khusus, yakni Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Bahkan, Kopassus sempat masuk ke dalam pasukan elite terkuat di dunia.

Sebagai salah satu pasukan khusus terbaik yang dimiliki Indonesia, Kopassus umumnya hanya melakukan misi-misi khusus atau sulit.

Baca Juga: Susah Payah Wujudkan Impian Mendiang Ayahnya, Sosok Pemuda Ini Kini Tertantang Masuk Kopassus, Kadispen TNI AD: Temui Saya Kalau Sudah Baret Merah

Ini karena prajurit Kopassus memang dikenal memiliki ketahanan fisik dan kehebatan di atas rata-rata.

Dan hal itu diakui hingga ke mancanegara.

Namun ternyata pernah ada suatu waktu yang bikin prajurit Kopassus ketakutan.

Wah ada apa?

Baca Juga: Diundang kePentagon, PrabowoBanjir Kecaman Amnesti Internasional dan 6 Kelompok HAM atas Tragedi98 serta Perang Timor Timur

Ini terjadi ketika prajurit Kopassus diberikan sebuah misi setelah ditemukannya jasad Rockfeller yang hanya berupa kaki masih terawat sepatu.

Berdasarkan sepatu, anak laki-laki tersebut dikenali sebagai jasad dari mendiang Rockfeller.

Kabar kematian Rockfeller dengan cara yang sangat tragis itu pun menjadi perhatian dunia internasional termasuk rumor bahwa Rockfeller telah dimakan oleh suku terasing yang tinggal di hutan belantara Papua Nugini.

Rumor tentang keberadaan suku pemakan manusia itu tak hanya menonton di Papua Nugini namun juga menyebar ke kawasan pedalaman Irian Barat (Papua).

Baca Juga: Geser Posisi Kopassus di Jajaran Pasukan Tempur Terhebat di Dunia, Begini Taktik Perang LLR Filipina yang Hingga Mampu Geser Baret Merah Indonesia

Pada tahun 1960-an, daerah Papua tersebut memang masih merupakan hutan lebat yang belum terjamah.

Pada 5 Mei 1969 meski rumor tentang keberadaan suku pemakan manusia di pedalaman Papua masih santer, sekitar 7 anggota pasukan baret merah (RPKAD / Kopassus), 5 anggota Kodam XVII Cenderawasih Papua dan tiga warga asing yang juga kru televisi NBC, AS serta satu wartawan TVRI, Hendro Subroto melaksanakan ekspedisi ke Lembah X yang berlokasi di lereng utara gunung Jayawijaya.

Lokasi ekspedisi disebut sebagai Lembah X dan berada di lereng utara Gunung Jayawijaya yang berpemandangan elok sekaligus merupakan tempat yang belum pernah dijamah oleh manusia dari luar.

Suku setempat masih dikenal sebagai suku yang sangat terasing dan dimungkinkan merupakan suku yang masih dapat dinikmati manusia seperti oleh Rockfeller.

Baca Juga: Diyakini Kebal Senjata Tajam dan Senapan, Seperti Ini Cara Kopassus Saat Tangkap Dukun PKI Mbah Suro, Langsung Terjunkan Satu Kompi Kopassus untuk Menaklukannya

Dengan risiko yang tinggi pengendali ekspedisi Pangdam XVII / Cenderawasih Brigjen TNI Sarwo Edhie Wibowo berpesan agar tim siap menghadapi kemungkinan.

Dalam menjalankan ekspedidi semua anggota militer seragam militer lengkap, senapan serbu AK-47 dan pistol, parang, tali-temali dan lainnya.

Sebelum tim ekspedisi Lembah X diterjunkan melalui udara Lettu Sintong terlebih dahulu melakukan orientasi medan melalui udara dengan cara menumpang pesawat misionaris jenis Cesna.

Lalu sesuai rencana tim akan diterjunkan pada lokasi padang ilalang yang diduga berhubungan dengan perkampungan yang masih dihuni oleh suku terasing pemakan manusia.

Baca Juga: Diam meski Ditempeleng Aparat, Pedagang Durian Ini Justru Sukses Terobos Lingkaran GAM, Terkuak Ternyata Anggota Kopassus yang Bahkan Ditembaki Prajurit TNI

Pada 2 Oktober 1969, semua tim bersama keperluan logistik diterjunkan sesuai rencana meski dengan perasaan tak karuan.

Pasalnya, mereka harus mendarat di daerah sangat terpencil yang konon didiami suku terasing yang masih suka memakan manusia.

Dengan perhitungan seperti itu maka aksi penerjunan termasuk misi nekat.

Apalagi meski bersenjata lengkap para personel RPKAD dan Kodam Cenderawasih melepaskan tembakan kecuali dalam kondisi sangat udah.

Itu pun merupakan tembakan yang dilepaskan ke atas untuk tujuan menakut-nakuti.

Semua tim akhirnya bisa melakukan penerjunan dengan selamat.

Ia langsung dikepung oleh warga yang hanya melihat koteka sambil mengacungkan tombak, panah, dan kapak batu.

Sadar sedang menghadapi bahaya dan masih terbayang oleh suku ganas pemakan manusia, secara reflek Sintong memindahkan senapan AK-47 di bahu ke posisi di depan dada serta mengokangnya.

Tapi terkejut ketika melihat senapan AK-47-nya ternyata tanpa majalah karena terjatuh saat terjun.

Baca Juga: Bukti Militer Kita Bukan Kaleng-kaleng! Aksi Spektakuler Ini Buat Kopassus Masuk Jajaran Pasukan Paling Mematikan di Dunia, Setara dengan US Navy Seal

Dengan kondisi senapan AK-47-nya tanpa peluru yang jelas sama sekali tidak berguna jika harus menghadapi warga suku terasing yang terus memandanginya secara curiga sambil mengacungkan semua senjata tradisional itu.

Tiba-tiba Sintong melihat jika majalah tempat peluru yang jatuh berada di antara warga suku.

Bahkan sedang ditendang-tendang oleh seorang pemuda yang merasa bingung dengan benda asing itu.

Di luar dugaan pemuda itu mengambil majalah dan memberikannya kepada Sintong.

Sebuah pertanda bahwa warga suku itu ingin bersahabat.

Baca Juga: Pasukan Khusus Kopassus Bisa Bikin Pentagon Ngacir Ketakutan, Berbekal Ilmu Debus Kebal Tusukan Parang AS Langsung Gelagapan

Sintong akhirnya membiarkan saja ketika sejumlah warga suku menyentuhnya, lalu memeganginya, untuk memastikan bahwa 'manusia burung' yang jatuh dari langit itu masih hidup dan merupakan manusia seperti mereka.

Meski diliputi oleh perasaan was-was dan awalnya merasa akan diserang dan 'dimakan' semua tim ekspedisi ternyata secara bersahabat.

Bahkan akhirnya mereka bisa diatur secara normal dengan suku terasing itu.

Sebagai suku terasing dan menggunakan bahasa yang saat itu tidak bisa diimplementasikan, semua anggota tim ekspedisi pun harus belajar keras memahami bahasa setempat dengan cara mencatatnya.

Warga lembah X juga masih menjalankan tunggang langgang setiap ada pesawat yang lewat atau melaksanakan dropping logistik karena ada dugaan sebagai burung raksasa yang akan menyambarnya.

Semua warga suku yang tidak takut akan air dan tidak pernah mandi dan mengandalkan mereka yang mengandalkan tanaman tebu liar.

Baca Juga: Ilmu Hantu Prajurit Kopassus, Buat US Army Geleng-geleng Kepala

Kebiasaan makan secara tidak sengaja sekaligus berfungsi sebagai sikat gigi sehingga semua warga suku giginya tampak putih bersih.

Meski sempat mengalami musibah ketika sejumlah perahu karet yang ditumpanginya terbalik di jeram dan tim NBC kehilangan rekaman film yang sangat berharga, semua tim ekspedisi bisa pulang selamat pada akhir Desember 1969.

Bagi anggota RPKAD dan Kodam Cenderawasih ekspedisi Lembah X terbilang sukses karena menginspirasi ekspedisi berikutnya yang kemudian dikenal sebagai Ekspedisi Nusantara Jaya.

Tapi bagi kru NBC, ekspedisi itu gagal total karena telah kehilangan semua rekaman yang bernilai jutaan dollar. ((*))

Artikel ini telah tayang di Intisari dengan judulTerkenal Kuat dan Sudah Bawa Senapan AK-47, Prajurit Kopassus Justru Dibuat Ketakutan Ketika Masuk Sarang Suku Kanibal, Takut Dimakan oleh Mereka Tapi Malah Begini Akhirnya

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : intisari-online.com

Baca Lainnya