Follow Us

Diinjak-injak China, Taiwan Pamer Jet Tempur Tercanggih F-16V Usai Latihan Militer Terbesar yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Rifka Amalia - Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:27
Ilustrasi - Jet tempur Taiwan
Asia Times

Ilustrasi - Jet tempur Taiwan

Sosok.ID - Militer Taiwan telah melakukan latihan sendiri untuk mensimulasikan pertahanan terhadap invasi oleh China, dan meluncurkan jet tempur F-16V.

Taiwan meluncurkan jet tempur paling canggihnya, F-16V yang dilengkapi rudal, dalam demonstrasi malam hari yang langka setelah latihan militer China yang belum pernah terjadi sebelumnya di sekitar pulau itu.

Pasukan China telah menggelar latihan militer udara dan laut berhari-hari di Selat Taiwan di bulan ini.

Latihan militer yang belum pernah terjadi sebelumnya itu dilakukan setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan delegasi kongres ke Taiwan.

Dilansir dari Al Jazeera, Kamis (18/8/2022), Taipei telah melakukan latihannya sendiri untuk mensimulasikan pertahanan terhadap invasi oleh China.

Pada hari Rabu (17/8/2022), personel angkatan udara Taiwan memuat sebuah pesawat tempur F-16V dengan rudal anti-kapal buatan AS dalam latihan "kesiapan tempur" di sebuah pangkalan udara di wilayah Hualien timur.

Taiwan memamerkan demonstrasi tersebut kepada para wartawan, menunjukkan bagaimana mereka dengan cepat mengunggah senjata ke F-16, termasuk rudal anti-kapal Harpoon Boeing Co.

Enam F-16V kemudian lepas landas untuk misi pengintaian dan pelatihan malam, termasuk dua yang dipersenjatai dengan rudal, menurut angkatan udara Taiwan.

“Dalam menghadapi ancaman dari latihan militer pasukan komunis Tiongkok baru-baru ini, kami tetap waspada sambil menetapkan konsep ‘medan perang di mana-mana dan berlatih kapan saja’ … untuk memastikan keamanan nasional,” kata angkatan udara dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara kementerian pertahanan Sun Li-fang mengatakan bahwa sementara Taipei mengutuk tindakan China dalam beberapa hari terakhir, situasinya adalah peluang bagus bagi pasukan Taiwan untuk mengasah keterampilan mereka.

“Kami akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menguji semua pelatihan yang biasa kami lakukan, dan melalui ini meningkatkan metode kami saat ini dan meningkatkan efektivitas tempur kami,” katanya.

“Pasukan Republik Tiongkok percaya diri, mampu, dan bertekad untuk mempertahankan keamanan Republik Tiongkok,” tambah Sun, menggunakan nama resmi Taiwan.

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest