Follow Us

Masa Bodoh dengan Ancaman China, AS akan Lakukan 'Transit Udara dan Laut' di Selat Taiwan

Rifka Amalia - Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:56
Ilustrasi kapal perang di Laut China Selatan - Meski sering mendapatkan ancaman dari China, namun Amerika Serikat berencana untuk melakukan “transit udara dan laut” di Selat Taiwan.
Dispen Kolinlamil

Ilustrasi kapal perang di Laut China Selatan - Meski sering mendapatkan ancaman dari China, namun Amerika Serikat berencana untuk melakukan “transit udara dan laut” di Selat Taiwan.

Sosok.ID - Meski sering mendapatkan ancaman dari China, namun Amerika Serikat berencana untuk melakukan “transit udara dan laut” di Selat Taiwan.

Langkah itu diambil Gedung Putih untuk mencerminkan tanggapannya terhadap latihan militer China di selat Taiwan.

Diketahui, Taiwan dan China bersitegang karena perebutan wilayah, yang mana China mengakui Taiwan sebagai miliknya.

Belum lama ini China bahkan melakukan latihan militer terbesarnya di sekitar Taiwan, yang dilakukan sebagai tanggapan perjalanan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Dikutip dari Al Jazeera, Minggu (14/8/2022), Kurt Campbell, koordinator Gedung Putih untuk masalah Asia-Pasifik dan penasihat Presiden Joe Biden mengatakan bahwa meskipun ada ketegangan, pasukan AS “akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana hukum internasional mengizinkan, konsisten dengan komitmen lama kami terhadap kebebasan navigasi”.

“Itu termasuk melakukan transit udara dan laut standar melalui Selat Taiwan dalam beberapa minggu ke depan,” katanya kepada wartawan.

AS diketahui kerap melakukan pelayaran di Selat Taiwan, yang disebutnya sebagai kebebasan navigasi, yang tentu saja memantik amarah China.

Campbell tidak mengkonfirmasi pengerahan seperti apa yang akan dilakukan untuk mendukung manuver tersebut.

Campbell lebih lanjut mengatakan bahwa dia tidak memiliki “komentar tentang sifat penyeberangan kami atau pengaturan waktu melintasi Selat Taiwan”.

Ujarnya, Washington akan mengumumkan "peta jalan ambisius" untuk hubungan ekonomi yang lebih dalam dengan Taiwan di tengah ketegangan dengan China atas pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Latihan militer terbesar yang pernah ada

Beijing diketahui telah melakukan latihan militer terbesarnya di sekitar Taiwan selama perjalanan Nancy Pelosi.

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest