Follow Us

Lagi-lagi Pantik Emosi China, Tak Cukup dengan Nancy Pelosi, Rombongan Parlemen AS Kembali Tapaki Taiwan

Rifka Amalia - Senin, 15 Agustus 2022 | 20:01
China vs AS
Da qing - Imaginechina/VCG via Global Times

China vs AS

Soosk.ID - Militer China mengatakan, mereka melakukan lebih banyak latihan di dekat Taiwan ketika sekelompok anggota parlemen AS mengunjungi pulau itu dan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen.

China selama ini memang mengecam tindakan AS yang pro Taiwan dalam perselisihan antara Taiwan dan China.

Negara yang dipimpin oleh Xi Jinping menilai, Amerika Serikat terlalu banyak ikut campur yang justru bisa memantik perang.

Menanggapi kunjungan itu, China dalam sebuah pernyataan, berjanji untuk “dengan tegas membela kedaulatan negara”.

“Ini adalah pencegah serius terhadap AS dan Taiwan karena terus memainkan trik politik dan merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan,” kata Shi Yi, juru bicara Komando Teater Timur militer China, dikutip Sosok.ID dari Al Jazeera, Senin (5/8/2022).

China menganggap pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai wilayahnya dan mengatakan akan mengambil alih Taiwan secara paksa, jika perlu.

Beijing menuduh Amerika Serikat menentang kebijakan "satu China", sementara Washington mendukung Taiwan tanpa mengakuinya.

Sebenarnya, AS tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan, tetapi terikat oleh hukum untuk menyediakan pulau yang diperintah secara demokratis itu dengan sarana untuk mempertahankan diri.

Adapun lima anggota parlemen AS, yang dipimpin oleh Senator Ed Markey, tiba di Taipei dalam kunjungan mendadak pada Minggu (14/8/2022) malam, kunjungan kelompok tingkat tinggi kedua setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi pada awal Agustus, yang memulai beberapa hari pertemuan. permainan perang Cina.

Anggota parlemen AS yang berkunjung bertemu Tsai pada Senin (15/8/2022) pagi. Belum ada komentar mengenai pertemuan itu.

Kementerian Pertahanan China mengatakan dalam sebuah pernyataan terpisah bahwa perjalanan anggota parlemen itu melanggar kedaulatan dan integritas teritorial China dan “sepenuhnya mengekspos wajah Amerika Serikat yang sebenarnya sebagai spoiler dan spoiler perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan”.

“Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok terus melatih dan mempersiapkan perang, dengan tegas membela kedaulatan nasional dan integritas teritorial, dan dengan tegas akan menghancurkan segala bentuk separatisme ‘kemerdekaan Taiwan’ dan campur tangan asing.”

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest