Follow Us

Sumpah Palapa Bukan yang Pertama, Gajah Mada Ternyata Tiru Tujuan Sosok Ini Untuk Satukan Nusantara di Bawah Majapahit!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Kamis, 07 Juli 2022 | 17:17
Ilustrasi Patih Gajah Mada
tribunnews.com

Ilustrasi Patih Gajah Mada

Sosok.ID - Bila menilik soal jejarah berdirinya Majapahit, sosok yang tak bisa dikesampingkan soal kejayaan salah satu kerajaan termasyur di Tanah Air itu adalah Gajah Mada.

Nama Gajah Mada sendiri cukup fenomenal di perjalanan kejayaan dari kerajaan Majapahit meski dirinya bukanlah raja.

Menjabat sebagai seorang patih dan panglima militer bagi Majapahit, Gajah Mada sukses membuat kerajaan yang diyakini berpusat di Trowulan itu menguasai Nusantara.

Proses Gajah Mada dalam membuat panji-panji Majapahit berkibar di seantero Nusantara bermula dari Sumpah Palapa.

Sebagai seorang pejabat tinggi di Majapahit, Gajah Mada bisa mengeluarkan prasastinya sendiri dan ia juga berhak memberi titah membangun bangunan suci bagi tokoh yang sudah meninggal.

Melansir dari Intisari, salah satu bukti pendirian prasasti yang dilakukan oleh Gajah Mada adalah prasasti bertarikh 1273 Saka, atau tahun 1351.

Dalam prasasti tersebut menerangkan tentang pembangunan bangunan suci bagi Raja Singasari, Kertanegara, penddahulu Gajah Mada.

Sebagai informasi, Kertanegara merupakan raja terakhir Singasari yang gugur di istananya bersama patihnya, Mpu Raganatha, beserta para brahmana Shiwa dan Buddha.

Gugurnya Kertanegara kala itu disebabkan akibat serangan tentara Jayakatwang dari Kediri.

Pendirian bangunan suci untuk Raja Singhasari oleh Gajah Mada tersebut pun menjadi tanda tanya besar.

Kini teka-teki alasan Gajah Mada membangun bangunan suci untuk mengingat sosok Kertanegara tersebut akhirnya terbongkar.

Seperti penjelasan arkeolog Universitas Indonesia, Agus Aris Munandar, ia menyebutkan ada alasan khusus Gajah Mada membangun candi untuk Kertanegara.

Source : intisari

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest