Follow Us

Sudah Bubar, Citra Satelit Tunjukkan Konvoi Tentara Rusia di Ibu Kota Ukraina Mereda, Pasukan Pindah ke Mana?

Rifka Amalia - Jumat, 11 Maret 2022 | 21:31
Tentara Rusia
TASS

Tentara Rusia

Sosok.ID - Gambar satelit, menunjukkan bahwa konvoi tentara Rusia di dekat Kyiv Ukraina telah bubar.

Dikutip dari Al Jazeera, Jumat (11/3/2022), Maxar mengatakan foto satelit itu menunjukkan konvoi besar Rusia di luar Kyiv telah bubar, sementara pasukan bergerak ke kota-kota dan hutan di dekatnya.

Informasi ini disampaikan oleh sebuah perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat.

Maxar Technologies mengatakan citra satelit yang diambil pada hari Kamis (10/3/2022) menunjukkan bahwa kendaraan, tank dan artileri sepanjang 64 km (40 mil) telah putus dan telah dipindahkan.

Baca Juga: Mendadak Pasukan Rusia di Perbatasan Ukraina Mencapai 170 Ribu, Detik-detik Perang?

Perusahaan itu menyebut, gambar-gambar satelit menunjukkan unit-unit lapis baja bermanuver di dan melalui kota-kota sekitarnya dekat dengan bandara Antonov, barat laut Kyiv.

Adapun beberapa kendaraan telah pindah ke hutan.

Ia menambahkan bahwa gambar juga menunjukkan elemen konvoi lebih jauh ke utara telah diposisikan ulang di dekat kota Lubyanka dengan howitzer artileri yang ditarik dalam posisi menembak di dekatnya.

Konvoi itu telah berkumpul di luar kota awal pekan lalu, tetapi kemajuannya tampaknya terhenti di tengah laporan kekurangan makanan dan bahan bakar.

Baca Juga: Hampir Pakai Bom Nuklir ke Ukraina, Bawahan Vladimir Putin Keceplosan Soal Rencana Serang Negara Lain?

Imran Khan dari Al Jazeera, melaporkan dari Kyiv, mengatakan bahwa kendaraan dalam konvoi itu mengubah posisi tetapi tidak jelas apakah mereka sedang dipindahkan atau mengamankan jalur pasokan.

“Kami tidak tahu [jika] mereka pindah ke bagian lain dan memperkuat serangan lain yang mungkin terjadi atau apakah mereka mencoba mengamankan jalur pasokan untuk masuk ke Kyiv dalam beberapa hari mendatang,” katanya.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest