Follow Us

Kengerian Perang Rusia - Ukraina, Vladimir Putin Sebar Pasukannya Lewat Darat, Laut, dan Udara

Rifka Amalia - Kamis, 24 Februari 2022 | 19:31
Presiden Rusia Vladimir Putin
Kompas.com

Presiden Rusia Vladimir Putin

Sosok.ID - Presiden Rusia Vladimir Putin menggemparkan dunia dengan pengumuman peluncuran invasi skala penuh ke Ukraina.

Pengumuman ini disampaikan sekira pukul 05.00 subuh tadi, Kamis (24/2/2022), waktu Ukraina.

Dilansir dari Al Jazeera, Putin menyetujui 'operasi militer khusus' saat Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina melalui darat, udara dan laut.

Ini merupakan serangan terbesar oleh satu negara terhadap negara lain di Eropa sejak Perang Dunia II dan konfirmasi dari ketakutan terburuk Dunia Barat.

Baca Juga: Gelegar Ledakan Usai Pidato Putin, Ukraina Dibombardir Serangan Rudal, Rusia Ancam Negara-negara yang Coba Menghalanginya

Serangan dimulai pada hari Kamis setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi bahwa dia telah menyetujui "operasi militer khusus".

Langkah itu dilakukan setelah Moskow sebelumnya mengakui bahwa wilayah yang dikuasai kelompok separatis Ukraina di Luhansk dan Donetsk meminta bantuan pada Rusia.

Rudal Rusia menghujani kota-kota Ukraina. secara bengis, menuai kengerian masyarakat dunia akan Perang Dunia III.

Ukraina melaporkan barisan pasukan Rusia mengalir melintasi perbatasannya ke wilayah timur Chernihiv, Kharkiv dan Luhansk, dan mendarat melalui laut di kota Odesa dan Mariupol di selatan.

Baca Juga: Negaranya Terancam Diratakan Rusia, Para Pemimpin Separatis Ukraina Timur malah Deklarasikan Mobilisasi Militer, Ngacir ke Rusia Selatan

Ledakan terdengar sebelum fajar di ibukota Ukraina, Kyiv. Sementara tembakan terdengar di dekat bandara utama dan sirene meraung di seluruh kota.

Dinas penjaga perbatasan Ukraina menyebutkan, pasukan Rusia menyerang Ukraina dari Belarusia, dan serangan juga diluncurkan di Krimea yang dicaplok Rusia tahun 2014 lalu.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest