Follow Us

Perang Rusia-Ukraina Segera Terjadi, Gedung Putih Beri Waktu 48 Jam Bagi Warganya Melarikan Diri

Rifka Amalia - Minggu, 13 Februari 2022 | 17:43
Militer Rusia.
eng.mil.ru

Militer Rusia.

Sosok.ID - Seorang pejabat tinggi Amerika Serikat telah memperingatkan bahwa militer Rusia berada dalam posisi untuk menyerang Ukraina, dan mendesak warga Amerika untuk segera meninggalkan negara itu.

Seperti diketahui, Ukraina dan Rusia saat ini sedang berada dalam krisis militer yang mengkhawatirkan.

Invasi Rusia bisa dilakukan kapan saja, sehingga Joe Biden dalam pidatonya belum lama ini mendesak agar warga AS di Ukraina segera melarikan diri.

Ia juga menambahkan, bahwa pemerintah tak bisa mengevakuasi dalam bentuk apapun jika perang antara Ukraina dan Rusia benar-benar meledak.

Baca Juga: Perang Dunia 3, AS Desak Warganya Segera Kabur dari Ukraina, Joe Biden Tak Berdaya Selamatkan Rakyatnya dari Rusia: Pergi Sekarang!

Sementara itu, Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional Presiden AS Joe Biden, mengatakan pada media briefing Gedung Putih pada hari Jumat (11/2/2022), bahwa pengamatan dan intelijen AS menunjukkan Rusia memiliki semua elemen militer yang diperlukan untuk invasi ke Ukraina.

Dilansir dari Al Jazeera, serangan cepat di kota Kyiv yang dimulai dengan kampanye pengeboman udara adalah sebuah kemungkinan dan bisa terjadi sebelum akhir Olimpiade Musim Dingin di Beijing minggu depan, kata Sullivan.

“Kami tidak dapat menentukan hari pada titik ini, dan kami tidak dapat menentukan jamnya, tetapi itu adalah kemungkinan yang sangat, sangat berbeda,” kata Sullivan.

Baca Juga: Mantan CIA Peringatkan China Bila Nekat Dukung Rusia yang Ingin Hancurkan Ukraina, Perang Dunia Mulai?

Dia memperingatkan bahwa para pejabat AS masih tidak percaya Vladimir Putin telah memutuskan untuk menyerang dan AS terus mencari hasil diplomatik untuk krisis tersebut.

“Kami tidak mengatakan bahwa keputusan telah diambil – bahwa keputusan akhir telah diambil oleh Presiden Putin."

"Apa yang kami katakan adalah, kami memiliki tingkat kekhawatiran yang cukup berdasarkan apa yang kami lihat di lapangan," kata Sullivan kepada wartawan di Gedung Putih.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest