Follow Us

Taiwan Jangan Songong, China Tak akan Sudi Dipecundangi Meski Invasi Penuh Sulit Dilakukan

Rifka Amalia - Selasa, 14 Desember 2021 | 18:17
Militer China
Tangkap Layar video Global Times

Militer China

Sosok.ID - Taiwan, yang diakui China sebagai miliknnya, saat ini di ambang peperangan.

Meski demikian, dalam penilaian ancaman terbarunya, kementerian pertahanan Taiwan mengatakan China akan kesulitan mencapai invasi penuh ke Taipe.

Dilansir dari Al Jazeera, Selasa (14/12/2021), hal ini dikarenakan masalah dalam pendaratan dan pasokan pasukan militer China.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, invasi penuh China ke Taiwan dengan mendaratkan pasukan dan menyita pelabuhan serta bandara akan sangat sulit dicapai.

Baca Juga: Kapok! AS dan UE Kongkalikong Ingin 'Pecundangi' China atas Klaim di Laut China Selatan, Laut China Timur, dan Selat Taiwan

Penilaian ancaman terbaru datang di tengah meningkatnya ketegangan antara Taipei dan Beijing.

China, yang mengklaim pulau yang diperintah secara demokratis itu sebagai wilayahnya, telah meningkatkan kegiatan militer di dekat Taiwan dalam beberapa bulan terakhir untuk menekan agar Taipe menerima pemerintahan China.

Dalam sebuah laporan kepada legislator, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan kapasitas transportasi China saat ini terbatas, dan tidak akan dapat mendaratkan semua pasukannya sekaligus.

Baca Juga: Taiwan Gembar-gembor Militer China Ingin 'Keruk' Angkatan Bersenjata Mereka

China harus bergantung pada kapal roll-on, roll-off “non-standar” yang perlu menggunakan fasilitas pelabuhan dan pesawat angkut yang membutuhkan bandara.

“Namun, militer negara (Taiwan) sangat mempertahankan pelabuhan dan bandara, dan mereka tidak akan mudah untuk diduduki dalam waktu singkat," kata kementerian itu dalam laporan tersebut, yang salinannya telah ditinjau oleh kantor berita Reuters.

"Operasi pendaratan akan menghadapi risiko yang sangat tinggi," lanjutnya.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest