Follow Us

Makanya China dan Negara-negara Barat Getol Dekati Sampai Ingin Rebut Laut Natuna, Ternyata Ini Harta Karun yang Tersimpan di Dalam Lautan Tersebut!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Minggu, 07 November 2021 | 14:59
(ilustrasi) Makanya China dan Negara-negara Barat Getol Dekati Sampai Ingin Rebut Laut Natuna, Ternyata Ini Harta Karun yang Tersimpan di Dalam Lautan Tersebut!
Fika Nurul Ulya/Kompas.com

(ilustrasi) Makanya China dan Negara-negara Barat Getol Dekati Sampai Ingin Rebut Laut Natuna, Ternyata Ini Harta Karun yang Tersimpan di Dalam Lautan Tersebut!

Sosok.ID - Sudah jadi rahasia publik, hubungan antara Indonesia dengan China sempat memanas pada beberapa tahun lalu.

Bukan tanpa alasan, perseteruan tersebut bermula dari klaim yang dilakukan oleh Tiongkok atas wilayah laut Indonesia di bagian Laut China Selatan.

Selain itu, kapal-kapal nelayan asal China sempat kepergok melewati Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

Tak hanya itu saja, kapal-kapal nelayan tersebut ternyata dikawal oleh kapal pengaman perbatasan berbendera Tiongkok.

Baca Juga: Negara-negara yang Ingin Rebut Laut Natuna Makin Berpikir Panjang Urusan Dengan Indonesia, Tambahan 2 Kapal Perang TNI AL Ini Jadi Bukti!

Meski jelas-jelas melanggar peraturan internasional mengenai batas wilayah, China mengaku tidak melanggar kedaulatan Indonesia kala itu.

Apa yang dilakukan China tersebut mereka akui berdasarkan hukum nine dash line atau sembilan garis putus-putus yang mereka percayai sebagai batas wilayah mereka.

Sedangkan yang diakui oleh dunia internasional mengenai batas wilayah adalah konvensi hukum laut di bawah PBB.

Konvensi hukum internasional tersebut dijuluki sebagai United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS).

Baca Juga: Tiongkok Kembali Incar Laut Natuna Utara, RI Buat Gemetar Gegara Umumkan Punya 2 Mini Kapal Induk, Dicap Bisa Buat Indonesia Berdaulat di Lautan!

Getolnya China dan sejumlah negara menyoroti kawasan Laut Natuna Utara untuk diekspor tersebut ternyata bukan tanpa alasan.

Source : Kompas.com, Grid.ID, tribunnews.com, kkp.go.id

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest