Follow Us

Koar-koar Punyai Militer Terkuat, AS Telan Pil Pahit Saat 2 Kapal Selamnya Gagal Kacaukan Tiongkok di Laut China Selatan Sampai Bertabrakan, Ini Kronologinya!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Sabtu, 09 Oktober 2021 | 17:59
(ilustrasi) Koar-koar Punyai Militer Terkuat, AS Telan Pil Pahit Saat 2 Kapal Selamnya Gagal Kacaukan Tiongkok di Laut China Selatan Sampai Bertabrakan, Ini Kronologinya!
thyssenkrupp-marinesystems.com

(ilustrasi) Koar-koar Punyai Militer Terkuat, AS Telan Pil Pahit Saat 2 Kapal Selamnya Gagal Kacaukan Tiongkok di Laut China Selatan Sampai Bertabrakan, Ini Kronologinya!

Sosok.ID - Kapal selam bertenaga nuklir Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), yang rusak dalam tabrakan dengan obyek bawah air tak dikenal di Laut Cina Selatan, tiba di pelabuhan di Guam, pada Jumat (8/10/2021).

Tidak ada rincian lebih lanjut tentang keadaan tabrakan atau tingkat kerusakan USS Connecticut yang tersedia.

Tetapi Kementerian Luar Negeri China menyatakan "keprihatinan serius" tentang apa yang terjadi.

“Sebagai pihak yang terlibat, AS harus mengklarifikasi secara detail situasi kecelakaan, termasuk lokasi, tujuan pelayaran, detail kecelakaan, obyek seperti apa yang bertabrakan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian kepada wartawan, pada Jumat (8/10/2021) melansir AP.

Baca Juga: Diculik, ditembak, Hingga Dibom, Kematian Model Cantik Ini Buat Geger, Jadi Pacar Gelap Mantan Menteri Hingga Disebut Kunci Kasus Korupsi Kapal Selam, Begini Kisahnya!

Menurut Zhao, AS juga perlu menjelaskan apakah itu menyebabkan kebocoran nuklir, dan apakah kejadian itu merusak lingkungan laut setempat.

Ketika mengungkapkan kecelakaan 2 Oktober pada Kamis (7/10/2021), Armada Pasifik AS mengatakan bahwa tidak ada kerusakan pada sistem propulsi nuklir kapal selam.

Sementara AS belum menentukan obyek bawah air apa yang telah dihantam.

Keterangan itu juga tidak menyebut di mana tabrakan itu terjadi. Tetapi pejabat lain mengatakan itu di Laut Cina Selatan.

Baca Juga: Ancam Kedamaian ASEAN Termasuk Indonesia Gegara Ulah Australia, Tiongkok Koar-koar Bakal Serang Negara Tetangga RI Gegara Hal Ini!

China mengeklaim kedaulatan total atas Laut China Selatan, sebuah sikap yang tidak diterima oleh Amerika Serikat dan sekutunya.

Source : Kompas.com, AP NEWS

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest