Follow Us

Puing-puing KRI Nanggala-402 Berhasil Diangkat, Alami Kendala Evakuasi Bagian Anjungan Seberat 80 Ton: Slink Putus, Perlu Kalkulasi Ulang

Rina Wahyuhidayati - Rabu, 19 Mei 2021 | 13:12
Puing-puing KRI Nanggala 402 diangkat
Kolase Kompas/Twitter

Puing-puing KRI Nanggala 402 diangkat

Sosok.ID - Puing-puing Kapal Selam KRI Nanggala-402 berhasil diangkat ke permukaan oleh tim evakuasi.

KRI Nanggala-402 berhasil ditemukan dalam kondisi terbelah di dari dasar laut perairan Bali.

Operasi pengangkatan bangkai KRI Nanggala-402 dibantu oleh sejumlah negara.

Menurut Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) TNI AL, Laksda TNI Iwan Isnurwanto, bagian-bagian kapal KRI Nanggala 402 yang berhasil diangkat di antaranya antena sm, pelindung kabel torpedo, plat badan luar, hidrofon prs, technical handbook hingga manual.

"Barang-barang apa yang sudah kita ambil? Ini sudah kita display beberapa mulai dari antena esm, kemudian pelindung kabel torpedo," kata Laksda TNI Iwan Isnurwanto dalam jumpa pers, Selasa (18/5/2021), dikutip dari Youtube KompasTV.

Baca Juga: Bukan Cuma-cuma, China Disebut Ada Maunya Saat Kirim 3 Kapal Penyelamat Sekaligus Untuk Angkut KRI Nanggala-402 dari Dasar Laut, Ternyata Ini Maksud Xi Jinping!

Setelah berhasil mengangkat puing-puing KRI Nanggala, Iwan Isnurwanto menyatakan pihaknya akan mengupayakan pengangkatan bagian-bagian besar dari KRI Nanggala-402.

Diberitakan Kompas.com, pengangkatan bagian KRI Nanggala-402 ini tidaklah mudah.

Seperti pengangkatan bagian sail section atau yang belum bisa terangkat meski posisinya sudah ditemukan.

"Sudah beberapa kali Tan Suo-2 (kapal milik China,-Red) mencoba melakukan pengangkatan sail atau anjungan. Mereka memperkirakan bahwa beratnya anjungan lebih kurang 18 ton. Diangkat dengan menggunakan slink ternyata tidak mampu, putus, sehingga mereka mengkalkulasi ulang," kata Iwan.

Sementara untuk lokasi badan kapal KRI Nanggala-402, sejauh ini juga belum bisa dipastikan.

Baca Juga: Merinding, Tentara Malaysia Nyanyikan Gugur Bunga, Penghormatan untuk KRI Nanggala-402: Dari Kami untuk Semua Rakyat Indonesia

Source : Kompas.com, tribunnews, KompasTV

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya

Latest