Follow Us

Tiongkok Makin Nekat Ancam Taiwan Hingga Indonesia, Bekas Negara yang Menjajah RI Ini Langsung Bertindak Hadapi China

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Selasa, 21 September 2021 | 19:31
(ilustrasi) Tiongkok Makin Nekat Ancam Taiwan Hingga Indonesia, Bekas Negara yang Menjajah RI Ini Langsung Bertindak Hadapi China
tangkap layar Global Times

(ilustrasi) Tiongkok Makin Nekat Ancam Taiwan Hingga Indonesia, Bekas Negara yang Menjajah RI Ini Langsung Bertindak Hadapi China

Sosok.ID - Sebuah catatan militer tentang pergerakan China yang semakin meningkat akhir-akhir ini diungkap oleh Jepang.

Bukan hanya ketegangan antaran China dengan Taiwan yang diprediksi berujung pada agresi, Jepang juga mencatat ancaman Tiongkok di kawasan Laut China Selatan.

Catatan penting pun sepertinya telah dipegang negara yang pernah menjajah Indonesia pada perang dunia kedua tersebut.

Yakni soal pergerakan Tiongkok di Laut China Selatan hingga nekat mengirimkan kapal perangnya ke kawasan Laut Natuna Utara di wilayah Indonesia menjadi sorotan mereka.

Baca Juga: Serangan Tiongkok ke Laut China Selatan Termasuk Indonesia Makin Barbar, Jepang Paksa Eropa Tentang Ekspansi PLA

Kini Jepang langsung meminta bantuan negara-negara Eropa yang menjadi sekutu mereka.

Hal itu dilakukan untuk menghentikan kenekatan China melancarkan sejumlah rencana militer yang berujung dalam peperangan tersebut.

Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi mengatakan kepada Guardian bahwa militer China menjadi lebih kuat dan berusaha menggunakan kekuatannya untuk secara sepihak mengubah status quo di Laut China Timur dan Selatan.

Tidak hanya secara militer, tapi Menteri Nobuo Kishi memperingatkan bahwa China juga menjadi lebih kuat secara politik dan ekonomi.

Baca Juga: Sesumbar Tantang Tiongkok di Laut China Selatan, Australia Tak Sadar Pernah Dipecundangi TNI AL Gunakan Tumpukan Sampah, Begini Kisahnya!

Apa yang terjadi tersebut membuat Jepang terang-terangan curiga dengan tindakan China berikutnya.

"Jepang memiliki keprihatinan yang kuat dalam hal keselamatan dan keamanan tidak hanya negara dan kawasan kita sendiri tetapi juga untuk komunitas global," kata Kishi seperti dilansir dari express.co.uk pada Selasa (21/9/2021).

Source : Express.co.uk, intisari-online.com

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest