Follow Us

Keder Bikin Takut Perang Dunia III, China Kirim Kapal Perang ke Alaska Saat Urusan di Laut China Selatan Masih Mendidih

Rifka Amalia - Rabu, 15 September 2021 | 19:36
Ilustrasi kapal perang.
Naval News

Ilustrasi kapal perang.

Sosok.ID - China mengirim kapal perang ke Alaska saat ketegangan mendidih dengan AS atas Laut China Selatan yang disengketakan.

Aksi ini memicu kekhawatiran Perang Dunia III.

Mengutip dari The Sun, Rabu (15/9/2021), empat kapal perang China, termasuk salah satu kapal perusak China yang paling canggih, terlihat di dekat rantai Pulau Aleutian.

Foto yang diambil oleh Penjaga Pantai AS menunjukkan kapal angkatan laut China dibayangi oleh penjaga pantai AS saat mereka melakukan perjalanan melalui perairan internasional pada 29 dan 30 Agustus.

Baca Juga: Sesumbar Jadi Penjaga Perdamaian Dunia Hingga Koar-koar Tak Takut Rusia dan China, Borok AS Diungkap Perwiranya, Sebut Bakal Kalah Bila Perang

Gambar-gambar itu dibagikan di Layanan Distribusi Informasi Visual Pertahanan militer AS dan menunjukkan interaksi antara kedua negara yang dicap "aman dan profesional."

Salah satu foto menunjukkan Kapten Tim Brown, komandan kapal penjaga pantai AS, Bertholf, berkomunikasi dengan "kapal Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China yang beroperasi sebagai bagian dari gugus tugas empat kapal," lapor Times.

Menurut SCMP, kapal-kapal China adalah kapal perusak Tipe 055, kapal perusak Tipe 052D, kapal mata-mata Tipe 815, dan kapal pengisian ulang Tipe 903.

Baca Juga: Di Ambang Kehancuran, Beijing Murka Kantor Taiwan di AS akan Berganti Nama: Jika Taiwan Sulut Api, China Beri Pukulan Destruktif!

Foto-foto itu dibagikan secara online pada hari Senin (13/9/2021) dan dihapus beberapa jam kemudian.

Beredarnya foto itu terjadi tepat setelah Beijing memperingatkan bahwa kapal perang itu akan berlayar ke perairan AS di dekat Hawaii.

Peringatan itu menyusul pengumuman Angkatan Laut AS pekan lalu bahwa Carl Vinson Carrier Strike Group telah memasuki daerah itu untuk pertama kalinya selama penyebarannya saat ini.

Source : The Sun

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest