Follow Us

Tiongkok Tak Bakal Berani Senggol Indonesia di Laut China Selatan, Negara Dengan Militer Terkuat Ini Ngaku Sangat Butuh RI dan ASEAN

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Rabu, 25 Agustus 2021 | 16:31
(Ilustrasi) Tiongkok Tak Bakal Berani Senggol Indonesia di Laut China Selatan, Negara Dengan Militer Terkuat Ini Ngaku Sangat Butuh RI dan ASEAN
China Military

(Ilustrasi) Tiongkok Tak Bakal Berani Senggol Indonesia di Laut China Selatan, Negara Dengan Militer Terkuat Ini Ngaku Sangat Butuh RI dan ASEAN

Sosok.ID - Aksi Tiongkok di Laut China Selatan akhir-akhir ini memang dianggap telah memicu terjadinya perang besar.

Dilansir dari Kompas.com sebelumnya, beberapa tahun lalu China seringkali aktif menunjukkan kekuasaannya di wilayah tersebut.

Namun beberapa negara dengan kekuatan militer terbesar saat ini mengaku tak tinggal diam dengan apa yang dilakukan oleh Tiongkok.

Bahkan, Amerika Serikat (AS) secara terang-terangan akan menjadi tameng bila China nekat mengganggu negara-negara di Asia Tenggara.

Baca Juga: Kamala Harris Kecam Intimidasi China atas Laut China Selatan, Filipina Mengamuk, Malaysia Kerahkan Jet Tempur

Dikutip dari Kontan, berkunjung ke Singapura pada hari Selasa (24/8), Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris menyebut China selalu memberi tekanan dan intimidasi di Laut China Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, Harris juga berjanji untuk mewujudkan kawasan Indo Pasifik yang bebas dan terbuka sesuai dengan impian AS selama beberapa tahun terakhir.

"Kami tahu bahwa China selalu memaksa, mengintimidasi, dan mengklaim sebagian besar Laut China Selatan. Klaim yang melanggar hukum ini telah ditolak oleh keputusan pengadilan arbitrase 2016," ungkap Harris dalam pidatonya di Singapura, seperti dikutip Reuters.

Sampai saat ini China masih menolak keputusan Klaim yang melanggar hukum ini telah ditolak oleh keputusan pengadilan arbitrase 2016 dan mempertahankan klaim atas sebagian besar perairan Laut China Selatan melalui Sembilan Garis Putus-putus yang dibuatnya.

Baca Juga: AS Umbar Janji Urus Konflik Laut Cina Selatan di Tengah Fokus Evakuasi Afghanistan

Garis-garis khayal tersebut turut menyinggung wilayah Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam.

China bahkan telah mendirikan pos-pos militer di pulau-pulau buatan di perairan yang mengandung ladang gas dan kaya akan ikan.

Source : Kompas.com, Reuters, Kontan.co.id, GridHot.ID

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest