Follow Us

AS Umbar Janji Urus Konflik Laut Cina Selatan di Tengah Fokus Evakuasi Afghanistan

Rifka Amalia - Senin, 23 Agustus 2021 | 19:46
Joe Biden dan Kamala Harris.
Instagram @kamalaharris

Joe Biden dan Kamala Harris.

Sosok.ID - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris melakukan kunjungan ke Singapura pada Senin (23/8/2021).

Ia mengatakan bahwa Amerika Serikat saat ini sedang berfokus pada upaya evakuasi yang terjadi di Afghanistan dan bahwa akan ada banyak waktu untuk menganalisis konteks penarikan pasukan.

Dilansir dari Reuters, Harris bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden Halimah Yacob selama perjalanan.

Kunjungan itu bertujuan untuk memperkuat hubungan dua negara sebagai bagian dari upaya Washington untuk melawan pengaruh ekonomi dan keamanan China.

Baca Juga: Filipina Bentuk Aliansi dengan AS untuk Pecundangi Beijing atas Konflik Laut China Selatan

"Akan ada banyak waktu untuk menganalisis apa yang telah terjadi dalam konteks penarikan diri dari Afghanistan," kata Harris dalam konferensi pers bersama dengan perdana menteri Singapura.

"Tetapi saat ini kami secara khusus fokus pada evakuasi warga Amerika, warga Afghanistan yang telah bekerja dengan kami dan warga Afghanistan yang rentan, termasuk perempuan dan anak-anak dan itulah fokus tunggal kami saat ini," kata Harris.

Presiden AS Joe Biden telah menghadapi kritik di dalam dan luar negeri atas penanganannya terhadap penarikan pasukan AS dan evakuasi yang kacau setelah pengambilalihan kilat oleh Taliban.

Baca Juga: Makanya Getol Dukung Taliban, Ternyata Itu Siasat China Agar Bisa Serang Taiwan Saat AS Sibuk Amati Afghanistan, Kini Pasukan Siap Mendarat!

"Kami berharap Afghanistan tidak menjadi episentrum terorisme lagi," kata Lee, seraya menambahkan bahwa Singapura telah menawarkan pesawat angkut untuk membantu evakuasi.

Bagian dari tugas Harris selama perjalanan akan meyakinkan para pemimpin di Singapura dan Vietnam bahwa komitmen Washington untuk Asia Tenggara adalah tegas dan tidak sejajar dengan Afghanistan.

"Hari ini, kami berada di Singapura untuk menekankan dan menegaskan kembali hubungan kami yang langgeng dengan negara ini dan di kawasan ini, dan untuk memperkuat visi bersama tentang kawasan Indo Pasifik yang bebas dan terbuka," kata Harris.

Source : Reuters

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest