Follow Us

Kisah Jusuf Kalla Ingin Gelar Teroris Taliban Dicabut, Musuh Afghanistan Injakkan Kaki di Indonesia, Saksikan Islam Moderat

Rifka Amalia - Minggu, 22 Agustus 2021 | 16:13
Presiden fghanistan Ashraf Ghani menyambut hangat Wapres Jusuf Kalla di istananya yang mewah di Kabul pada 2018.
Instagram

Presiden fghanistan Ashraf Ghani menyambut hangat Wapres Jusuf Kalla di istananya yang mewah di Kabul pada 2018.

Sosok.ID - Konflik Taliban dan Afghanistan tengah menjadi sorotan dunia.

Jusuf Kalla, selaku Wakil Presiden RI ke-10 sekaligus ke-12 menceritakan upayanya ketika mengundang Pemerintah Afghnistan dan Taliban untuk membicarakan perdamaian.

Hal itu dilakukan Jusuf Kalla saat menjabat sebagai Wapres periode 2014-2019.

Ia bahkan meminta agar gelar teroris yang tersemat di Taliban dicabut.

Baca Juga: Makanya Getol Dukung Taliban, Ternyata Itu Siasat China Agar Bisa Serang Taiwan Saat AS Sibuk Amati Afghanistan, Kini Pasukan Siap Mendarat!

Kalla mengatakan, ketika itu Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memberikan label teroris terhadap Taliban sehingga mereka tidak diizinkan keluar dari wilayah Afghanistan.

Hal ini disampaikannya dalam diskusi bertajuk Masa Depan Afghanistan dan Peran Diplomasi Perdamaian Indonesia, Sabtu (21/8/2021).

“Terpaksa saya minta menlu (menteri luar negeri) untuk mencabut gelar teroris itu di PBB, kebetulan Indonesia menjadi anggota Dewan Keamanan (PBB), berhasil untuk memberi izin segenap orang tahap pertama," kata Kalla.

Baca Juga: Afghanistan Mencekam Setelah Diuasai Taliban, Indonesia Perintahkan Misi Penyelamatan Bagi WNI Hingga Dimintai Tolong Filipina, Begini Kronologinya!

"Kemudian saya undang mereka ke indonesia dan katakanlah kita berunding di Jakarta,” tutur dia. Menurut Kalla, kedua pihak memiliki kesepahaman tentang prinsip perdamaian.

Selain itu, kata Kalla, salah satu tujuan mengundang Taliban ke Indonesia yakni agar mereka mempelajari bahwa Islam dapat tumbuh secara moderat.

Oleh karena itu, Kalla mengajak delegasi Taliban berkeliling ke sejumlah pesantren di sekitar Jakarta.

Source : Kompas.com

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest