Follow Us

Makanya Getol Dukung Taliban, Ternyata Itu Siasat China Agar Bisa Serang Taiwan Saat AS Sibuk Amati Afghanistan, Kini Pasukan Siap Mendarat!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Minggu, 22 Agustus 2021 | 15:59
(ilustrasi) Makanya Getol Dukung Taliban, Ternyata Itu Siasat China Agar Bisa Serang Taiwan Saat AS Sibuk Amati Afghanistan, Kini Pasukan Siap Mendarat!
Tangkap Layar video Global Times

(ilustrasi) Makanya Getol Dukung Taliban, Ternyata Itu Siasat China Agar Bisa Serang Taiwan Saat AS Sibuk Amati Afghanistan, Kini Pasukan Siap Mendarat!

Sosok.ID - Banyak negara mengecam kejadian yang terjadi di Afghanistan setelah ulah Taliban, China justru getol mendukung kelompok bersenjata tersebut.

Hal itu menimbulkan kecurigaan atas langkah yang diambil China kali ini yang diduga ada maksud terselubung.

Ternyata dukungan pada Taliban di Afghanistan tersebut ternyata menunjukkan titik temu saat China kini tengah bersiap serbu Taiwan.

Mengutip Express, hal itu disampaikan oleh Iain Duncan Smith bahwa penarikan pasukan barat dari Afghanistan dan pengambil alihan Taliban memiliki implikasi lebih luas bagi China.

Baca Juga: Bahaya Taiwan dan Laut China Selatan, PLA China Luncurkan Rudal Anyar yang Akurat Sasar Node Pertahanan Musuh di Medan Perang

China telah "didorong" oleh hasil perang di Afghanistan dengan Beijing kini menganggap AS dan Presiden Joe Biden lemah.

Anggota parlemen Tory memperingatkan bahwa China yang berani sekarang berusaha untuk memberikan tekanan pada Taiwan di tengah kekhawatiran invasi militer ke kantong pulau itu.

"China sekarang telah mengakui Taliban dan menteri luar negeri mereka bertemu dengan pemimpin Taliban dan oleh karena itu mereka ditempatkan dengan sangat baik untuk mendukung mereka, juga menarik bahwa Rusia berada di kapal yang sama.

"Sekarang China, segera setelah itu terjadi, sehari kemudian, Global Times ... yang merupakan corong Partai Komunis China ... Presiden Xi cukup banyak menulis editorial yang mengatakan bahwa mengawasi Taiwan ketika perang dimulai Amerika tidak datang.

Baca Juga: Perang Besar Makin Dekat, China Nekat Jatuhkan Tembakan Dari Jet Tempur di Dekat Taiwan, NATO Langsung Bereaksi: Mereka Telah Menjadi Sumber Risiko Keamanan Terbesar!

“Jadi mereka sudah bersiap.

"Saya kira ada sekitar 10 atau 14 penerbangan di atas Taiwan hari ini dengan pesawat militer China," ujar Smith.

Source : intisari-online.com, Global Times, Express

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest