Follow Us

China Telan Pil Pahit, Pejabat Tingginya Dikirim untuk Jadi 'Mata-mata' malah Membelot ke Amerika, Padahal Kantongi Informasi untuk Jatuhkan Joe Biden

Rifka Amalia - Jumat, 25 Juni 2021 | 17:00
China vs AS
Da qing - Imaginechina/VCG via Global Times

China vs AS

Sosok.ID - Bukan rahasia lagi bahwa Amerika Serikat (AS) dan China memiliki hubungan yang buruk.

Kedua negara diketahui berselisih di bidang perdagangan.

Selain itu tensi militer China dan AS juga meningkat tajam sejak era pemerintahan Trump.

Hingga kini, campur tangan Joe Biden atas konflik Taiwan dan Laut China Selatan menambah buruknya hubungan kedua negara.

Sementara itu pada sore hari tanggal 23 Juni 2021, kantor berita Sputnik mengutip seorang pelobi Republik, pengusaha China-Amerika Solomon Yue yang mengungkapkan banyak informasi terkait seorang 'mata-mata' China yang diduga membelot ke Amerika.

Baca Juga: China Panik, Ilmuwan Amerika Temukan Data Asal Muasal Virus Covid-19

Dilansir dari Intisari, dia adalah Dong Jingwei, Wakil Menteri Keamanan Negara China (MSS), yang diduga memiliki banyak dokumen rahasia mengenai pemerintah China dan melarikan diri ke AS.

Menurut Solomon Yue, Dong Jingwei yang berusia 57 tahun adalah pejabat paling senior kedua di Kementerian Keamanan China.

Ini adalah lembaga yang berspesialisasi dalam anti-spionase, terpisah dari Kementerian Keamanan Publik China, yang berspesialisasi dalam kepolisian.

Berbicara dengan seorang aktivis kebebasan China yang bekerja di AS, Yue menegaskan seorang pejabat senior keamanan Tiongkok diduga Dong, menyimpan banyak informasi penting tentang China.

Baca Juga: Naik Darah, China Mengamuk Sebut AS Pembuat Onar gegara Kapal Perangnya 'Ongkang-ongkang' di Selat Taiwan

Bukan hanya terkait dengan pandemi Covid-19, tetapi juga dapat mengidentifikasi aset Tiongkok di AS.

Source : Intisari Online

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest