Follow Us

Naik Darah, China Mengamuk Sebut AS Pembuat Onar gegara Kapal Perangnya 'Ongkang-ongkang' di Selat Taiwan

Rifka Amalia - Rabu, 23 Juni 2021 | 20:23
Ilustrasi - Kapal perang AS
USNI News

Ilustrasi - Kapal perang AS

Sosok.ID - Angkatan Laut AS mengatakan kapal perusak berpeluru kendali USS Curtis Wilbur melakukan transit rutin melalui jalur air yang sensitif.

China menyebut Amerika Serikat sebagai "pencipta risiko terbesar" di kawasan itu setelah sebuah kapal perang AS kembali berlayar melalui Selat Taiwan, jalur air sempit yang memisahkan daratan China dari pulau Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri.

Dilansir dari Aljazeera, Rabu (23/6/2021), armada ke-7 Angkatan Laut AS mengatakan kapal perusak rudal kelas Arleigh Burke USS Curtis Wilbur pada hari Selasa (22/6) melakukan transit "rutin" melalui Selat Taiwan.

Dalam sebuah pernyataan, armada ke-7 mengatakan “transit kapal melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka”.

Baca Juga: PLA Pamer Pesawat Tempur Terbaru dan Paling Canggih di Gelaran Akbar Senjata Komprehensif

China, yang mengklaim kedaulatan atas Taiwan, mengatakan pasukannya memantau kapal itu melalui jalur air yang sensitif dan mengeluarkan peringatan.

Beijing menuding AS sebagai pembuat onar.

“Pihak AS sengaja memainkan trik lama yang sama dan menciptakan masalah dan mengganggu hal-hal di Selat Taiwan,” kata Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat.

Ini “sepenuhnya menunjukkan bahwa Amerika Serikat adalah pencipta risiko terbesar bagi keamanan regional, dan kami dengan tegas menentang ini”.

Baca Juga: Negaranya Terpojok, Ahli dari China Balik Sebut Amerika Serikat Harus jadi Prioritas Penyelidikan Asal-usul Corona

Langkah AS itu dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan militer antara Beijing dan Taipei, dengan pemerintah Taiwan mengeluhkan China berulang kali mengirim angkatan udaranya ke zona pertahanan udara pulau itu.

Pekan lalu, Taiwan mengatakan 28 pesawat angkatan udara China, termasuk pesawat tempur dan pembom berkemampuan nuklir, memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan dalam serangan terbesar yang dilaporkan hingga saat ini.

Source : Aljazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest