Follow Us

Megawati Soekarnoputri Jadi Orang Indonesia Pertama yang Terima Penghargaan Bintang Jasa dari Presiden Rusia Vladimir Putin, Kok Bisa?

Rifka Amalia - Kamis, 03 Juni 2021 | 14:31
Ketua Umum PDI-P Megawati
Dok.PDI-P

Ketua Umum PDI-P Megawati

Sosok.ID - Presiden kelima Republik Indonesia (RI) Megawati Soekarnoputri, dikabarkan akan menerima pengharagaan luar biasa dari Rusia.

Dilansir dari Warta Kota, hal ini berkaitan dengan hubungan diplomatik yang terjalin antar dua negara.

Penghargaan yang akan diterima megawati yakni Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan (State Order of Friendship) dari Republik Federasi Rusia.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Bidang Luar Negeri DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah.

Baca Juga: Kebanyakan Makan Hati, Risma Sering Curhat Sambil Nangis-nangis Sejak Jadi Mensos, Megawati: Makin Kurus Dia

Penghargaan tersebut merupakan simbol karena Megawati dianggap berjasa dalam mempererat persahabatan, kerjasama, dan saling menghargai antar rakyat Indonesia dan Rusia.

Adapun Bintang Jasa Negara ini disematkan kepada Megawati Soekarnoputri melalui Dekrit Presiden yang ditandatangani oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada tanggal 10 Februari 2020, dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan Indonesia – Rusia.

Basarah mengungkapkan, harusnya penghargaan untuk Megawati diserahkan pada November tahun lalu.

Tetapo karena terhalang pandemi, maka baru dapat diserahkan saat ini.

Baca Juga: Kabar Duka Datang dari Keluarga Megawati Soekarno Putri, Mantan Menteri Sampai Ucapkan Belasungkawa!

“Sejatinya penghargaan ini akan diserahkan langsung oleh Presiden Vladimir Putin dalam upacara kenegaraan di istana kepresidenan Rusia pada November 2020 lalu."

"Namun berhubung adanya pandemi Covid-19, maka Bintang Jasa baru bisa diserahkan oleh Duta Besar Lyudmila Vorobyova di Jakarta pada hari Selasa ini (2/6) di kediaman Bu Mega di Teuku Umar," ungkap Basarah dalam keterangannya, Rabu (2/6/2021).

Source : Warta Kota

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest