Follow Us

Pertanyakan Tata Krama Filipina, Tiongkok Bereaksi Usai Dikirimi Sumpah Serapah oleh Menlu Filipina Terkait Sengketa Laut China Selatan

Dwi Nur Mashitoh - Rabu, 05 Mei 2021 | 13:01
Xi Jinping dan Presiden Filipina
Xinhua

Xi Jinping dan Presiden Filipina

Sosok.ID - Hubungan Filipina dan Tiongkok terkait sengketa Laut China Selatan semakin memanas.

Setelah Menteri Luar Negeri (Menlu Filipina) Teodoro Locsin mengeluarkan sumpah serapah untuk mengusir China dari kedaulatan wilayah mereka.

Seperti diwartakan Sosok.ID sebelumnya, sumpah serapan itu dikirim Menlu Filipina ke China lewat cuitan di akun Twitter-nya @teddyboylocsin, Senin (3/5/2021).

"China temanku, seberapa sopan saya bisa mengatakannya? Coba kulihat... O... Enyahlah," tulisnya.

Baca Juga: Muak dengan Ulah China yang Makin Kurang Ajar, Menlu Filipina Kirim Sumpah Serapah untuk Usir Tiongkok di Kawasan Sengketa Laut China Selatan

Dalam cuitannya, Locsin yang dikenal sering menggunakan bahasa kasar di Twitter bahkan mengibaratkan China seperti orang bodoh yang memaksakan perhatian pada pria tampan untuk menjadi temannya.

Sayangnya, cuitan tersebut saat ini sudah menghilang dari akun Twitter Locsin.

Mendapat sumpah serapah dari Menlu Filipina, Pemerintah China pun bereaksi.

Dilansir dari Reuters via Kontan.co.id, dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri China mendesak Filipina untuk menghormati kedalatan dan yurisdiksi negara.

Baca Juga: Bicara Baik-baik pada China Tak Ada Efek, Filipina Berang, Sebut Beijing Bak Orang Bodoh Hingga Kencangkan Militer di Laut China Selatan

Pihaknya juga meminta Filipina berhenti mengambil tindakan yang memperumit situasi.

"Fakta telah berulang kali membuktikan bahwa diplomasi mikrofon tidak dapat mengubah fakta, tetapi hanya dapat merusak rasa saling percaya," katanya seperti yang dikutip dari Reuters via Kontan.co.id.

Source : Kontan.co.id, Twitter, Sosok.id

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest