Follow Us

Paparan Radiasi di KRI Naggala-402 Disebut jadi Penyebab Sakit yang Dideritanya, Mantan Komandan Satuan Kapal Selam Beri Klarifikasi

Rina Wahyuhidayati - Rabu, 05 Mei 2021 | 03:16
Komandan Satuan Kapal Selam TNI AL Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwan (kiri)  Kapal Selam KRI Nanggala-402 (kanan).
Kompas.com

Komandan Satuan Kapal Selam TNI AL Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwan (kiri) Kapal Selam KRI Nanggala-402 (kanan).

Sosok.ID - Dikabarkan sakit hingga tak bisa bicara karena bertugas di KRI Nanggala-402, Mantan Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Koarmada II Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa memberikan klarifikasi.

Iwa Kartiwa sebelumnya diberitkan mengalami sakit berdasarkan cerita dari mantan Kapolda Jawa Barat Irjen (Purn) Anton Charliyan, yang adalah kakak kandungnya.

Menurut Anton, adiknya sakit parah akibat mengisap terlalu banyak zat besi selama puluhan tahun bertugas sebagai pasukan khusus kapal selam.

Mengklarifikasi pemberitaan tersebut, Iwa mengaku, saat ini dirinya masih bisa beraktifitas meskipun terbatas.

“Ada pernyataan tentang kondisi saya yang terbaring sakit tidak bisa berbicara, hanya bisa di tempat tidur. Saya sampaikan pada media, saya seperti ini.

Baca Juga: Yakin KRI Nanggala 402 Tenggelam Bukan Ditembak Kapal Asing, Asrena KSAL Beri Bukti Hingga Sebut 3 Kapal China Siap Evakuasi Kapal Selam

Kalau dikatakan sakit, saya masih bisa beraktivitas, biar pun terbatas,” kata Iwa dalam konferensi pers di RS AL Mintoharjo, Jakarta Pusat, Selasa (4/5/2021), seperti dikutip Sosok.ID dari Kompas.com.

Mantan Komandan KRI Nanggala-402 ini mengatakan, dirinya masih mampu berangkat dari tempat tinggalnya di Tasikmalaya, Jawa Barat, ke Jakarta dengan menggunakan mobil pribadi.

“Saya berangkat dari Tasikmaya pakai kendaraan sendiri ke Jakarta, bukan atas perintah pimpinan,” ucap Iwa.

Selain itu, Iwa juga mengklarifikasi pemberitaan terkait dirinya yang terpapar radiasi serbuk besi kapal selam karena bekerja selama puluhan tahun.

Ia mengatakan, sejak berpangkat Letnan Satu hingga sekarang dirinya masih sehat.

Baca Juga: Istri Prajurit KRI Nanggala-402 Cuma Percaya Suami Gugur Jika Jasad Ditemukan: Kalau Tidak, Rasanya Orangnya Masih Ada

Source : Kompas.com

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya

Latest