Follow Us

Menuju Perang, Kapal Induk Shandong China akan Diturunkan ke Laut Lepas, Uji Cobanya bahkan Tewaskan Pilot Jet Tempur J-15

Rifka Amalia - Jumat, 09 April 2021 | 18:18
Kapal Induk Shandong China
SCMP

Kapal Induk Shandong China

Sosok.ID - Rilis video media pemerintah dari kapal induk Shandong China menunjukkan kapal raksasa itu diperkirakan akan segera menuju ke laut lepas.

Kapal Shandong China akan melanjutkan persiapannya untuk terjun ke medan tempur, menurut orang dalam militer, dilansir dari South China Morning Post.

"Shandong mungkin akan memulai latihan dan pelatihannya di laut lepas akhir tahun ini, yang merupakan langkah penting untuk mencapai kemampuan operasional awal (IOC)," kata sumber yang dekat dengan angkatan laut.

Pemberitaan pemerintah China Central Television merilis rekaman itu pada hari Selasa (7/4/2021), menunjukkan bagaimana operator tersebut terus melanjutkan persiapannya meskipun dunia sedang dicengkeram oleh pandemi virus corona.

Baca Juga: Menuju Kehancuran Taiwan, China Lakukan Gerakan Pengepungan Pembom Perang, Segudang Opsi PLA untuk Menang

"Setelah diserahkan ke angkatan laut (dari pembuat kapal), dibutuhkan setidaknya 18 bulan bagi kapal induk untuk mencapai IOC karena ada ribuan item untuk diuji dan disetujui," kata Zhou Chenming, seorang peneliti di militer Yuan Wang think tank di Beijing.

Menurut video CCTV, Shandong, yang merupakan kapal induk pertama yang dikembangkan di dalam negeri China, memiliki 12.000 sistem peralatan yang berbeda.

Kapal itu sedang dalam perjalanan untuk menjadi kapal induk kedua angkatan laut dengan status IOC, setelah Liaoning.

Kapal induk China ketiga - yang dilengkapi ketapel elektromagnetik tercanggih di dunia untuk meluncurkan jet - diharapkan akan diluncurkan akhir tahun ini.

Baca Juga: Shandong dan Liaoning, Duo Kapal Induk Inti Kekuatan Militer China

Sementara Shandong telah melakukan sembilan uji coba laut, semuanya di Teluk Bohai atau Laut Cina Selatan, yang relatif dekat dengan pangkalan militernya di Sanya, provinsi Hainan, menurut Lu Li-Shih, mantan instruktur di Akademi Angkatan Laut Taiwan di Kaohsiung.

Dia setuju bahwa video CCTV menunjukkan kapal itu sekarang siap untuk berlayar ke laut lepas.

Source : South China Morning Post

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest