Follow Us

China Boleh Bermimpi Tinggi, Ekonomi dan Militer pun Bisa Ungguli AS, Tapi Jangan Harap Rebut Gelar Negara Adidaya Global, Ini Sebabnya!

Rifka Amalia - Jumat, 22 Januari 2021 | 08:13
China vs AS
Da qing - Imaginechina/VCG via Global Times

China vs AS

Sosok.ID - Dunia sedang menarasikan kemunculan China sebagai negara adidaya baru menggantikan Amerika Serikat (AS) dari struktur kekuatan global.

China yang bangkit dengan kuat dari krisis ekonomi global yang berkembang karena pandemi Covid-19 dan kebijakan pengucilan sekutu Donald Trump dalam NATO selama empat tahun terakhir telah mendorong narasi tersebur ke depan secara signifikan.

China telah menjadi kekuatan ekonomi global, dan diperkirakan akan melampaui AS sebagai ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2028.

Dikutip dari The Print, China masih tertinggal tetapi sedang dalam perjalanan untuk melampaui AS dalam kekuatan militer dengan peningkatan pengeluaran untuk teknologi senjata dan mengembangkan beberapa senjata rahasia.

Baca Juga: China Makin Tersudut, Jepang Ikut Campur Urusan Laut China Selatan, Tapi Takut Dibalas di Laut China Timur, Kenapa?

Tidak ada keraguan atas China memperoleh kekuatan ekonomi dan militer yang lebih unggul daripada AS lebih cepat daripada nanti, tetapi pertanyaannya adalah, dapatkah China menjadi negara adidaya yang tangguh dan lengkap seperti AS selama delapan dekade terakhir?

Ketika Uni Soviet bersaing dengan AS untuk mengklaim status adikuasa selama periode Perang Dingin, itu agak menyamai kekuatan Amerika dalam memimpin aliansi dan kekuatan militer.

Namun, pada puncak kekuasaannya, Uni Soviet tidak pernah bisa menandingi dominasi AS secara ekonomi atau budaya.

Seperti Uni Soviet di masa lalu, China kini menghadapi beberapa tantangan geopolitik dan budaya sebelum bisa mencapai status adidaya global serupa dengan AS.

Baca Juga: Ada Niat Disengaja, Ahli Asal Taiwan Ungkap Harusnya Virus Corona Tak Separah Sekarang Bila China Lakukan Hal Ini

China tidak dapat bercita-cita untuk mendapatkan rasa hormat dan penerimaan yang sama di seluruh dunia, bahkan jika kekuatan ekonomi dan militernya mengalahkan AS, kata The Print.

AS yang demokratis akan selalu memiliki keunggulan ideologis, politik, dan budaya dibandingkan dengan Komunis China.

Source : The Print

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest